Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi Indonesia Melalui Strategi Team Quiz Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Cekelan Kecamatan Kemusu Kabuoaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018

Khasanah, Miftakhul (2018) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Kegiatan Ekonomi Indonesia Melalui Strategi Team Quiz Pada Siswa Kelas V MI Muhammadiyah Cekelan Kecamatan Kemusu Kabuoaten Boyolali Tahun Pelajaran 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran IPS tidak hanya hafalan saja, melainkan pemahaman tentang apa yang ada dalam kehidupan sosial lingkungan sekitar. Sehingga guru sebagai pengajar seharusnya lebih kreatif dalam proses pembelajaran agar pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa tidak merasa bosan. Namun masih ada guru yang mengajar secara monoton. Hal ini membuat siswa menjadi bosan dalam pembelajaran karena kurangnya sarana prasarana sekolah akibatnya hasil belajar IPS rendah. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan Strategi Team Quiz dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi Kegiatan Ekonomi Indonesia pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan tahun pelajaran 2017/2018? Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang di lakukan dengan 2 siklus dan mencapai KKM minimal 85%. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi team quiz dapat meningkatkan hasil belajar IPS meteri kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Cekelan Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pra siklus sebesar 49,5 menjadi 65,8 pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 77,00. Untuk angka ketuntasan belajar siswa pada pra siklus sebanyak 5 siswa atau sebesar 29,41 % meningkat menjadi 9 siswa atau 52,94 % pada siklus I dan meningkat menjadi 15 siswa atau 88,23% pada siklus II. Jadi angka ketuntasan belajar dari pra siklus sampai siklus II meningkat sebesar 70,59% atau sebanyak 10 siswa. Berdasarkan uji coba strategi team quiz pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, bagi para siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah dari daerah ini ditemukan, ternyata merekan menyambut dengan positif baik sekolah, pihak guru maupun orangtua wali. Mengacu pada temuan tersebut maka penelitian ini merekomendasikan strategi team quiz dapat diterapkan pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2018 02:49
Last Modified: 06 Nov 2018 02:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4649

Actions (login required)

View Item View Item