Konsep Pendidikan Islam Perspektif KH Ilyas Kalipahing

Fauziah, Zakiatul (2018) Konsep Pendidikan Islam Perspektif KH Ilyas Kalipahing. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi word.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan dalam Islam harus dipahami sebagai upaya mengubah manusia dengan pengetahuan tentang sikap dan perilaku yang sesuai dengan ideologi/nilai Islam. Saat ini dikalangan dunia Islam berkembang kesadaran urgensi rekonstruksi peradaban Islam melalui penguasaan sains dan teknologi, maka perlu dirumuskan lagi pendidikan Islam yang sesuai tuntutan di masa sekarang.Peneliti tertarik mengkaji tentang konsep pendidikan Islam perspektif KH Ilyas Kalipahing sebagai alternatif pemikiran intelektual untuk menjawab permasalahan pendidikan Islam. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana konsep pendidikan Islam perspektif KH Ilyas Kalipahing (2) Sejauh mana relevansi konsep pendidikan Islam perspektif KH Ilyas Kalipahing terhadap pendidikan Islam kontemporer. Untuk menjawab pertanyaan diatas, peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan wawancara dan library recearch dari buku-buku tentang konsep pendidikan Islam. Metode ini digunakan oleh penulis untuk memperoleh data tentang subyek penelitian yaitu konsep pendidikan Islam KH Ilyas. Dari data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis kualitatif Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan Islam adalah kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi untuk menentukan arah pandangan tentang pendidikan manusia yang berfungsi sebagai pengemban amanah khalifatullah fil ard. Tujuan pendidikan Islam adalah mencari kebahagiaan dunia, mencari kebahagiaan kehidupan akhirat. Materi pendidikan Islam yang diterapkan ialah materi tentang AlQuran dengan tajwid dan tafsirnya, akidah dan ilmu kalam, fikih dan ushul fikih, bahasa arab dengan ilmu nahwunya, tarikh, dan lain sebagainya, beliau juga mengajarkan tentang tauhid dan akhlak. Metode yang digunakan adalah metode yang biasa dilakukan oleh tokoh pendidikan Islam yang lain yaitu metode pemberian tugas, metode ceramah, metode keteladanan, metode tanya jawab, dan lain sebagainya. Namun dalam berdakwah beliau menggunakan metode keteladanan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Aliran dan Sekte Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Nov 2018 03:05
Last Modified: 06 Nov 2018 03:05
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4652

Actions (login required)

View Item View Item