INTEGRASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DI KELAS VIII MTs MA’ARIF WADAS KANDANGAN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Nasekun, Muh (2014) INTEGRASI NILAI-NILAI AGAMA ISLAM DALAM PEMBELAJARAN IPS SEJARAH DI KELAS VIII MTs MA’ARIF WADAS KANDANGAN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Muh Nasekun, S.Pd._MI.12.038.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kontradiksi antara tujuan pengajaran sejarah dengan materi pembelajaran sejarah. Agama dijadikan tujuan, tapi sumber-sumber yang berasal dari agama seperti wahyu tidak dipercayai sebagai azas pengetahuan. Pelajaran sejarah terlanjur diapersepsi secara sekular, sehingga harus ada upaya untuk meluruskan kontradiksi tersebut dengan pengintegrasian nilai-nilai Islam dalam pembelajaran IPS Sejarah apalagi di madrasah yang nyata-nyata merupakan lembaga pendidikan Islam. Tujuan penelitian : (1) Untuk mengetahui implementasi integrasi nilai agama Islam pada pembelajaran IPS Sejarah di kelas VIII MTs Ma‟arif Wadas Kandangan Temanggung; (2) Untuk mengetahui keunggulan dan kelemahan pembelajaran IPS Sejarah di Kelas VIII MTs Ma‟arif Wadas Kandangan Temanggung yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam; (3) Untuk mengetahui perangkat sistem pembelajaran IPS Sejarah di kelas VIII MTs Ma‟arif Wadas Kandangan Temanggung yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam. Penelitian ini termasuk dalam deskriptif eksploratif dengan menggunakan metode naturalistik karena penelitiaannya dilakukan pada kondisi yang alamiah (natural setting). Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah semua fihak yang terkait dengan penanaman nilai agama Islam di MTs Ma‟arif Wadas. Obyek penelitian adalah proses pembelajaran IPS Sejarah di kelas VIII yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi integrasi nilai-nilai agama Islam dalam pembelajaran IPS Sejarah dilakukan dengan menetapkan bidang kajian yang akan dipadukan antara mata pelajaran IPS Sejarah dengan Pendidikan Agama Islam. Kemudian mempelajari Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS Sejarah dengan Pendidikan Agama Islam. Berikutnya mengidentifikasi beberapa Kompetensi Dasar dalam berbagai Standar Kompetensi yang memiliki potensi untuk diintegrasikan. Menyusun Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta menyajikan di kelas. Keunggulan pembelajaran ini dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan kerjasama antar guru mata pelajaran. Sedang kelemahannya keterbatasan guru IPS Sejarah tentang pemahaman dalil-dalil al-Qur‟an dan Hadist karena memang bukan berlatar belakang pendidikan agama Islam, serta belum ada buku ajar yang mengintegrasikan materi pelajaran dengan nilai-nilai Islam. Perangkat sistem pembelajarannya disusun dengan menetapkan bidang kajian yang akan diitegrasikan antara mata pelajaran IPS Sejarah dengan Pendidikan Agama Islam yang memiliki potensi untuk diintegrasikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2016 03:03
Last Modified: 23 Feb 2016 03:03
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/468

Actions (login required)

View Item View Item