PEMBELAJARAN IPA DAN IPS BERBASIS INTEGRASI DAN INTERKONEKSI DENGAN PAI (STUDI KASUS DI MIN MLANGEN SALAMAN DAN MI MA‟ARIF KEBONSARI BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014)

Arofah, Fajrul (2015) PEMBELAJARAN IPA DAN IPS BERBASIS INTEGRASI DAN INTERKONEKSI DENGAN PAI (STUDI KASUS DI MIN MLANGEN SALAMAN DAN MI MA‟ARIF KEBONSARI BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014). Thesis (102). (Unpublished)

[img]
Preview
Text
Fajrul Arofah_MI.12.024.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Latar Belakang penelitian ini adalah pendidikan dari masa ke masa terus melakukan inovasi sehingga mengalami kemajuan yang cukup pesat. Namun proses perubahan yang tidak seimbang antara perkembangan dengan kematangan kepribadian yang dialami anak didik pada gilirannya hanya membentuk anak didik sebagai sosok spesialis materi tertentu yang kurang memiliki rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar yang cukup rentan. Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses integrasi interkoneksi pembelajaran IPA dan IPS dengan PAI dan kendala yang dihadapi serta kebijakan yang diambil untuk mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif menggunakan pengamatan, wawancara, atau penelaahan dokumen. data yang disajikan dalam bentuk verbal bukan dalam bentuk angka. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pelaksanaan pembelajaran IPA dan IPS berbasis integrasi interkoneksi dengan PAI bertujuan untuk mengatasi perkembangan yang serba kompleks dan tak terduga pada masa saat ini serta tanggung jawab global sumber daya alam yang sifatnya terbatas dan sumber daya manusia yang memiliki kualitas. Sedangkan sistematika pembelajaran materi IPA dan IPS dengan PAI berbasis integrasi interkoneksi dengan PAI melalui pengamatan, pemahaman dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Kendala yang terjadi dalam pembelajaran materi IPA dan IPS dengan PAI belum adanya buku standar berakibat proses pengintegrasian diserahkan secara menyeluruh kepada masing-masing guru. Kebijakan yang ditempuh dengan menggunakan tiga pola, justifikasi, spiritualisasi dan pendekatan pembelajaran terpadu dengan tipe integrated pada pola justifikasi guru melakukan pembenaran dengan nilai Islam terhadap materi yang terdapat dalam bahan ajar IPA/IPS.

Item Type: Article
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? S2 ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2016 03:09
Last Modified: 23 Feb 2016 03:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/469

Actions (login required)

View Item View Item