PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM)PADA SISWA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH SURUH 02 KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Rizki, Fadliatun Nurur (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG CAMPURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM)PADA SISWA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH SURUH 02 KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Fadliatun Nurur Rizki_12509001.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V di MI Muhammadiyah Suruh 02 pada materi operasi hitung campuran. Berdasarkan pengamatan awal diketahui nilai rata-rata siswa kelas V pada materi operasi hitung campuran yaitu 48,6 dengan KKM 63. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar yaitu kurangnya perencanaan dalam mengolah materi yang akan diajarkan.Masalah utama yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBM)d apat meningkatkan hasil belajar operasi hitung campuran pada siswa kelas V di MI Muhammadiyah Suruh Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2014/2015?. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V MI Muhammadiyah Suruh 02 dengan jumlah 15 siswa. Data pada penelitian ini diperoleh dari lembar pengamatan, soal evaluasi berupa essay, pedoman dokumentasi, pedoman wawancara dan angket umpan balik pada pembelajaran operasi hitung campuran melalui model PBM. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas V MI Muhammadiyah merasakan perubahan dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan model PBM dan menunjukkan bahwa model PBM mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Muhammadiyah Suruh 02 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang dalam operasi hitung campuran dengan dibuktikan adanya peningkatan hasil belajar. Siklus I presentase ketuntasan mencapai 26,67% dengan siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 baru 4 siswa. Siklus II presentase ketuntasannya mencapai 60% dengan siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 mencapai 9 siswa dan siklus III presentase ketuntasan mencapai 93,33% dengan siswa yang tuntas dengan nilai ≥ 70 mencapai 14 siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2016 03:24
Last Modified: 23 Feb 2016 03:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item View Item