ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DANBRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Bank BRI Syariah Kantor Cabang Semarang)

Sarah, Ety (2018) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK DANBRAND IMAGE TERHADAP LOYALITAS NASABAH DENGAN KEPUASAN NASABAH SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Bank BRI Syariah Kantor Cabang Semarang). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
bismillah fix skripsi Ety Sarah.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sarah, Ety. 2018. Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Brand Image Terhadap Loyalitas Nasabah dengan Kepuasan Nasabah Sebagai Variabel Intervening (studi pada bank BRI Syariah Kantor Cabang Semarang). Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Program Studi S1-Perbankan Syariah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Faqih Nabhan, M.M. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat kualitas produk dan brand image terhadap loyalitas nasabah melalui kepuasan nasabah sebagai variabel mediasi di bank BRI Syariah kantor cabang Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data dengan quistonare atau menyebar angket. Populasi penelitian ini adalah berjumlah 15.650 nasabah. Teknik pengambilan sample penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling sebanyak 100 responden. Metode yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji instrumen (uji validitas, uji reliabilitas) uji statistik ( uji t, uji f dan uji R) dan uji asumsi klasik (multicolonieritas, heterokidastisitas, dan normalitas). Analisis data dibantu dengan menggunakan SPSS Versi 21. Dari hasil pengolahan data tersebut menunjukkan bahwa secara simultan, variabel kualitas produk, brand image dan kepuasan nasabah secara bersama-sama mempengaruhi loyalitas nasabah. Sedangkan secara parsial variabel kualitas produk (X1) tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabahdengan nilai sig 0,873. Variabel brand image (X2) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai sig 0,028. Variabel kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan niali sig 0,000. Sedangkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,680 artinya bahwa ada hubungan yang kuat antara variabel independen dengan variabel dependen (karena mendekati angka 1). Variabel kualitas produk (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y) melalui kepuasan nasabah (Z)pada bank BRI kantor cabang Semarang. Variabel brand image (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah (Y) melalui kepuasan nasabah(Z) pada bank BRI kantor cabang Semarang. Kata Kunci : Kualitas Produk, Brand Image, Kepuasan Nasabah dan Loyalitas Nasabah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu budaya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2018 10:48
Last Modified: 17 Dec 2018 10:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4754

Actions (login required)

View Item View Item