PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN DAN LOKASI TERHADAP MINAT MENABUNG PADA BANK SYARIAH DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Masyarakat di Blotongan Kota Salatiga)

Oktaviani, Novi (2018) PENGARUH RELIGIUSITAS, PENGETAHUAN DAN LOKASI TERHADAP MINAT MENABUNG PADA BANK SYARIAH DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Masyarakat di Blotongan Kota Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Oktaviani, Novi. 2018. Pengaruh Religiusitas, Pengetahuan dan Lokasi Terhadap Minat Menabung Masyarakat Pada Bank Syariah dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Masyarakat di Blotongan Kota Salatiga). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam , Program Studi Perbankan Syariah, Institut Agama Islam Negeri Salatiga: Ari Setiawan, MM. Penelitian ini dilatar belakangi dengan pengetahuan masyarakat di Blotongan Kota Salatiga yang belum begitu mengenal bank syariah, padahal banyak sekali layanan bank yang dapat dinikmati oleh masyarakat. Dengan kondisi masyarakat di Blotongan Kota Salatiga yang mayoritas beragama Islam, dan juga termasuk dalam lingkungan pondok pesantren, ternyata hanya sedikit yang mengetahui bank syariah. Market share bank syariah di Indonesia juga hanya sekitar 5 % dari total asset bank secara nasional. Potensi peningkatan jumlah nasabah bank syariah di Indonesia masih cukup besar mengingat jumlah usia produktif penduduk terus bertambah. Hanya saja banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat menabung di bank syariah. Untuk itu Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh religiusitas, pengetahuan dan lokasi terhadap minat menabung masyarakat pada bank syariah dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di Blotongan Kota Salatiga yang berjumlah 13.008, dan jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 141 orang dengan menggunakan teknik sampel convienence sampling yang merupakan salah satu teknik pengumpulan data dari nonprobability sampling. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS 22. Analisis ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji statistik dan uji menggunakan path analysis. Berdasarkan hasil uji t pertama menunjukkan hasil bahwa variabel religiusitas, pengetahuan dan lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. Hasil uji t kedua menunjukkan variabel religiusitas, pengetahuan dan lokasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhdap minat menabung masyarakat pada bank syariah sedangkan variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung masyarakat pada bank syariah. variabel kepercayaan mampu memediasi religiusitas dan pengetahuan terhadap minat menabung masyarakat pada bank syariah, sedangkan kepercayaan tidak mampu memediasi variabel lokasi. Kata Kunci: Religusitas, Pengetahuan, Lokasi, Kepercayaan, Minat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2018 11:08
Last Modified: 17 Dec 2018 11:08
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4757

Actions (login required)

View Item View Item