PENGARUH PERSEPSI, NISBAH BAGI HASIL DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG MENGGUNAKAN AKAD MUDHARABAH PADA BANK BRI SYARIAH KANTOR CABANG MT. HARYONO SEMARANG

Farokah, Lia (2018) PENGARUH PERSEPSI, NISBAH BAGI HASIL DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH MENABUNG MENGGUNAKAN AKAD MUDHARABAH PADA BANK BRI SYARIAH KANTOR CABANG MT. HARYONO SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LIA FAROKAH , BAKAR SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Farokah, Lia. 2018. Pengaruh Persepsi, Nisbah Bagi Hasil dan Kepercayaan terhadap Keputusan Nasabah Menabung Menggunakan Akad Mudharabah pada Bank BRI Syariah Kantor Cabang MT.Haryono Semarang. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. H. Agus Waluyo, M.Ag Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seberapa pengetahuan masyarakat mengenai akad-akad yang ada di perbankan syariah, terutama akad mudharabah. Penulis mengharapkan masyarakat atau nasabah menabung atau menggunakan jasa bank syariah itu karena memang mereka mengetahui apa saja akad dan jasa yang diberikan dan ditawarkan oleh bank syariah, disamping itu untuk meneliti apakah nasabah mengerti tentang bank syariah itu didukung dengan variabel persepsi,nisbah bagi hasil dan kepercayaan sebagai bahan penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi, nisbah bagi hasil dan kepercayaan terhadap keputusan nasabah menabung menggunakan akad mudharabah pada bank BRI Syariah KC MT.Haryono Semarang, sampel pada penelitian ini di ambil sebanyak 70 responden dengan teknik Purposive sampling. Data dalam penelitian ini menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisikan oleh nasabah yang datang pada bank BRI Syariah KC MT.Haryono Semarang. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrument (uji validitas dan uji reabilitas), uji statistic (uji T, uji F dan uji R2), dan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolienearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi) Hasil uji statistic (uji Ttest) menunjukkan bahwa variabel persepsi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan menabung sebesar 0.069, variabel nisbah bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan sebesar 0.009 terhadap keputusan menabung, dan variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan sebesar 0.006 terhadap keputusan nasabah menabung. Kata Kunci: Persepsi, Nisbah Bagi Hasil, Kepercayaan dan Keputusan Menabung

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Dec 2018 09:52
Last Modified: 20 Dec 2018 09:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4768

Actions (login required)

View Item View Item