ANALISIS PENGARUH E-BANKING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI PERBANKAN SYARIAH DENGAN KOMITMEN KEAGAMAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Nasabah BRI Syariah di IAIN Salatiga)

Reza, Noviana Diyah (2019) ANALISIS PENGARUH E-BANKING DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH DI PERBANKAN SYARIAH DENGAN KOMITMEN KEAGAMAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus pada Nasabah BRI Syariah di IAIN Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI PDF.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Riza, NovianaDiah. 2018. Analisis Pengaruh E-Banking dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Di Perbankan Syariah Dengan Komitmen Keagamaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus pada Nasabah BRI Syariah di IAIN Salatiga). Skripsi, FakultasEkonomidanBisnis Islam Program Studi S1-Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Qi Mangku Bahjatulloh, Lc, M.Si. Penelitianinidilatarbelakangiolehkondisiperkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang menyebabkan munculnya aplikasi-aplikasi yang berbasis Electronic Banking (E-Banking), sehinggasetiapperusahaanatauorganisasiharusbekerjabersama-samasecara optimal untukmenghasilkanproduke-bankingdan pelayanan yang berkualitas serta komitmen keagamaan yang tinggi sehingga meningkatkan loyalitas nasabah pada perbankan syariah. Penelitian ini bertujuanuntukmengetahui pengaruh e-banking dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabaha di perbankan syariah dengan komitmen keagamaan sebagai variabel moderasi. Metodepengumpulan data dilakukanmelaluikuesioner yang disebarkankepadamahasiswa IAIN Salatiga.Sampel yang diambilsebanyak384respondendenganteknikrandom sampling. Data yang diperolehkemudiandiolahdenganmenggunakanalatbantu SPSS versi20. Analisisinimeliputiujireliabilitas, ujivaliditas, ujiasumsi klasik, uji statistic, uji regresi linier berganda dan uji moderasi menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasilujit (parsial) menunjukkanbahwae-banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. sedangkan uji f (simultan) menunjukkan nilai 152,677 yang berarti bahwa e-banking, kualitas pelayanan dan komitmen keagamaan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas nasabah. hasil uji regresi linier berganda menunjukkan hasil Y= 3,059 + 0,566X1 + 0,330X2 – 0,069Z + 0,05. Komitmen keagamaan dapat memoderasi (memperkuat) pengaruh e-banking dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah di perbankan sayariah. Kata Kunci: E-Banking, Kualitas Pelayanan, Komitmen Keagamaan, Loyalitas Nasabah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Jan 2019 11:20
Last Modified: 23 Jan 2019 11:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/4897

Actions (login required)

View Item View Item