PROGRAM PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCE PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH (PLUS) KOTA SALATIGA TAHUN 2015

Wahyuini, Endang Tri (2015) PROGRAM PENGEMBANGAN MULTIPLE INTELLIGENCE PADA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH (PLUS) KOTA SALATIGA TAHUN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Endang Tri Wahyuni_11511042.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Multiple intelligence merupakan kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh setiap individu. Siswa dipandang sebagai individu yang utuh dan unik yang memiliki berbagai macam potensi dan kecerdasan yang bisa digali, ditumbuhkan, dilejitkan dan dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Multiple intelligencepada siswa di SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga tahun 2015, 2) Pengembangan multiple intelligencepada siswa di SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga tahun 2015, 3) Prestasi yang telah dicapai pada siswa dari multiple intelligence di SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga tahun 2015, 4) Faktor yang mendukung dan menghambat dalam pengembangan multiple intelligence pada siswa di SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga tahun 2015. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Peneliti mendapatkan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tahap-tahap penelitian pra lapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis data. Hasil penelitian ini adalah: 1)a. Multiple intelligencepada siswa di SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga adalah segala jenis kecerdasan yang dimiliki oleh individu (siswa) yang terus digali, ditumbuhkan, dilejitkan, dan dikembangkan. banyak jenis kecerdasan yang dikembangkan, meliputi kecerdasan matematik, linguistik, visual-spasial, dll.b. Tujuan pengembangannya adalah untuk melenjitkan dan maksimalkan setiap kecerdasan yang dimiliki siswanya hingga menjadi siswa yang berprestasi dibidangnya. 2) Pengembangan multiple intelligencepada siswa di SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga, meliputi a. Model pembelajaran bersifat “fun learning” belajar yang menyenangkan dan siswa berperan aktif., b. Media, alat, dan sumber ajar yang digunakan adalah media cetak dan elektronik, buku, dan lingkungan., c. Banyak kegiatan tambahan yang diberikan guna menunjang pengembangan multiple intelligencemaupun proses pembelajaranseperti outing class, field trip, ekstrakulikuler, ekstra bakat dan minat dll.,d. Selama belajar di SD Muhammadiyah siswa merasa senang., e. Kegiatan yang diikuti siswa sudah sesuai dengan potensi yang dimiliki. 3) Prestasi yang telah diraih oleh siswa cukup banyak, baik di bidang akademik maupun non akademik. 4) a. Faktor yang mendukung dalam mengembangkan multiple intelligence pada siswa di SD Muhammadiyah (Plus) Kota Salatiga adalah SDM dan fasilitas yang telah memenuhi., b. Faktor yang menghambat adalah adanya x Ujian Nasional dan kurang terfasilitasinya kecerdasan siswa setelah ke jenjang berikutnya., c. Upaya untuk mengatasi faktor penghambat adalah memberi jam tambahan pada setiap level kelas, meningkatkan mutu dan kompetensi guru, dan memberi piagam penghargaan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2016 06:56
Last Modified: 23 Feb 2016 06:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/496

Actions (login required)

View Item View Item