PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYYAH MA’ARIF KUMPULREJO 02 SALATIGA 2013

Nugroho, Mashuri Adi (2015) PERAN ORANG TUA DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK DI MADRASAH IBTIDAIYYAH MA’ARIF KUMPULREJO 02 SALATIGA 2013. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Mashuri Adi Nugroho_11508014.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini membahas upaya orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Fokus penlitian (1). Bagaimanakah peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi belajar anak Di Madrasah Ibtidaiyyah Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga 2013? (2). Bagaimana respon anak terhadap tindakan orang tua Di Madrasah Ibtidaiyyah Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga 2013? (3). Seberapa sering orang tua memotivasi anak untuk belajar Di Madrasah Ibtidaiyyah Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga 2013? (4). Kendala apa yang dihadapi orang tua saat memotivasi anak untuk belajar Di Madrasah Ibtidaiyyah Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga 2013? (5). Fasilitas seperti apa yang digunakan orang tua untuk membangkitkan motivasi belajar pada anak Di Madrasah Ibtidaiyyah Ma’arif Kumpulrejo 02 Salatiga 2013? Guna menjawab pertanyaan tersebut peneliti melakukan penelitian kualitatif. Yaitu penelitian yang hasilnya bukan berupa angka, dan juga tidak menggunakan prosedur analisis statistik. Hasil penelitian menunjukkan : (1). Peran orang tua dalam menumbuhkan motivasi anak sudah berjalan dengan baik, baik melalui motivasi ekstrinsik ataupun instrinsik. (2). Respon anak dengan tindakan orang tua berdampak positif terhadap prestasi belajar anak, dengan pahamnya anak akan pentingnya belajar. (3). Orang tua sadar akan pentingnya pendidikan oleh karena itu orang tua lebih sering memotivasi anak dan menekankan untuk mengutamakan belajar. (4). Kendala yang dihadapi saat memberikan motiva si belajar dan ajakan belajar, ditanggapi orang tua dengan melakukan pendekatan secara halus dan menghindari cara-cara yang keras, agar terjalin hubungan dan komunikasi yang baik. (5). Fasilitas adalah salah satu faktor yang terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar anak, karena anak mendapatkan sarana dan prasarana pendukung proses belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Feb 2016 07:01
Last Modified: 23 Feb 2016 07:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item