DUKHUL SEBAGAI ALASAN PEMBATALAN IKRAR TALAK Studi Komparasi Antara Kitab Fathkul Mu’in Dan Putusan Pengadilan Agama Salatiga No. 0880/Pdt.G/2012/PA.SAL

Afah, Siti (2015) DUKHUL SEBAGAI ALASAN PEMBATALAN IKRAR TALAK Studi Komparasi Antara Kitab Fathkul Mu’in Dan Putusan Pengadilan Agama Salatiga No. 0880/Pdt.G/2012/PA.SAL. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Siti Afah_21109025.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini merupakan sebuah upaya untuk mengetahui sejauh mana pemikiran hakim dalam memutuskan perkara No 0880/P.dtG/2012/PA.SAL serta membandingkan pemikiran tersebut dengan kitab Fatkhul Mu‟in. Pertanyaan utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah bagaimana kajian teori kitab Fatkhul Mu‟in dalam pembatalan ikrar talak karena ba‟dha dukhul dan dasar Pengadilan Agama Salatiga dalam perkara No 0880/P.dtG/2012/PA.SAL tentang dukhul sebagai alasan pembatan ikrar talak?. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian ini menggunakan metode pendekatan komparasi. Temuan dari penelitian ini menunjukan bahwa dukhul sebagai alasan pambatalan ikrar talak di tinjau dari pemikiran hakim adalah sesuai pendapat hukum atau aturan hukum yang berlaku, untuk penetapannya adalah dengan analisis pemikiran hakim tersebut. Sedangkan dalam kitab Fatkhul mu‟in, dukhul sebagai alasan pembatalan ikrar talak adalah dilarang. namun di perbolehkan dengan memenuhi beberapa persyaratan. Pertama, bagi perempuan yang haid, maka dapat jatuh talaknya dengan syarat perempuan itu (isteri) yang meminta untuk bercerai (keinginan kuat/kukuh dari isteri) dan isteri harus memberikan iwadh (berupa harta) kepada suami yang bersumber dari dirinya sendiri, jika tidak bersumber dari dirinya sendiri maka dihukumi haram. Kedua, bagi perempuan yang ba‟dha dukhul (pada saat suci ia dikumpuli/jimak), adalah diperbolehkan adanya ikrar talak dengan ketentuan syarat bahwa perempuan tersebut tidak memungkinkan untuk hamil lagi atau masih anak-anak. Maka talak bid‟iy diperbolehkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2016 01:36
Last Modified: 24 Feb 2016 01:36
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item