PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BMT AMAL MULIA SURUH KABUPATEN SEMARANG

Kholifah, nur (2015) PENGARUH STRATEGI BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BMT AMAL MULIA SURUH KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Nur Kholifah_21310009.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel Bauran Pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, bukti fisik, proses terhadap kepuasan nasabah BMT Amal Mulia Suruh Kabupaten Semarang. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan dengan menggunakan skala likert dan metode penentuan sampel yang digunakan adalah aksidental sampling sebanyak 100 sampel. Metode analisis yang digunakan ad alah metode regresi linear berganda (multi linear regression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang terdiri atas Product (X 1 ), Price (X 2 ), Place (X 3 ),Promotion (X 4 ), People (X 5 ), Physical Evidence (X 6 ),dan Process (X 7 ), secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif . Di mana persamaanregresi Y = 0,007 + 0,424X1 + 0,077X2 + 0,118X3 + 0,305X4 + 0,038X5 + 0,0105X6 + 0,290X7. Selainitu, dengan uji F dilihat bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh yangsignifikan terhadap kepuasan nasabah dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000atau 0%. Namun berdasarkan uji parsial (T), ada variabel yang memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah yaitu dengan tingkat signifikan untuk Product sebesar 0,001, Promotion sebesar 0,014, Processsebesar 0,015, dan beberapa variabel tidak memiliki pengaruh yang siginifikan terhadap kepuasan nasabah yaitu dengan tingkat signifikan variabel Price sebesar 0,485, Place sebesar 0,244, People sebesar 0,782, dan Physicalevidence sebesar 0,504. Karena hanya variabel produk, promosi, dan proses yang berpengaruh terhadap kepuasan nasabah BMT Amal Mulia, hal ini perlu diperhatikan lagi namun tidak melupakan variabel-variabel lainnya yang tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah BMT Amal Mulia. Untuk BMT hendaknya lebih berinovatif lagi dalam menerapkan strategi pemasaran, dalam hal ini pengembangan atribut produknya serta memperluas lagi promosi tentang BMT kepada masyarakat, dan mempertahankan atau meningkatkan penjualan produk dalam persaingan pasar sasaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2016 01:45
Last Modified: 24 Feb 2016 01:45
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item