HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGI GURU WIYATA BAKTI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs. YAKTI TEGALREJO KECAMATAN TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2013

Herawati, Meri (2015) HUBUNGAN ANTARA KOMPETENSI PEDAGOGI GURU WIYATA BAKTI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTs. YAKTI TEGALREJO KECAMATAN TEGALREJO KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2013. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI MERI HERAWATI _111 06 143_ JURUSAN TARBIYAH STAIN SA.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

HERAWATI, MERI. 111 06 143. Hubungan Antara Kompetensi Pedagogi Guru Wiyata Bakti Dengan Prestasi Belajar Siswa di MTs. Yakti tegalrejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang Tahun 2013. Skripsi Jurusan Tarbiyah, Program Studi PAI STAIN Salatiga. Pembimbing: Ibu Maslikhah, S.Ag., M.Si. Kata kunci : Kompetensi Pedagogi dan Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Apakah ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi pedagogi guru wiyata bakti dengan prestasi belajar siswa di MTs Yakti Tegalrejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang Tahun 2013. Penelitian ini menggunakan metode angket, dokumentasi dan metode analisis data. Subyek penelitian sebanyak 45 responden, menggunakan teknik populasi dan dilakukan secara acak (random sampling). Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data X dan data Y. Data penelitian yang terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan Ada hubungan signifikan antara kompetensi pedagogi guru wiyata bakti dengan prestasi belajar siswa.. Hal ini dapat dilihat dengan hasil angket yang memperoleh kategori rendah sebesar 42,2 % dari 45 responden yang memandang bahwa kompetensi pedagogi guru wiyata bakti, yaitu berada pada interval 64-80. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa yang memperoleh kategori sedang mencapai nilai 55,5%, berada pada interval 76-83. Setelah data berhasil, kemudian hasil tersebut dikonsultasikan dengan rtabel. Dengan jumlah subyek 45 siswa dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh pada tabel N taraf signifikansi 5% = 0,294, dan apabila ditunjukkan dengan hasil hitung koefisien korelasi ro = 0,296 > 0,497. Maka hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi "ada hubungan yang signifikan antara kompetensi pedagogi guru wiyata bakti dengan prestasi belajar siswa" atau dengan kata lain hubungan kompetensi pedagogi guru wiyata bakti dengan prestasi belajar siswa di MTs. Yakti Tegalrejo, Kec. Tegalrejo, Kab. Magelang Tahun 2013" hipotesis yang penulis ajukan diterima. Sedangkan Pada taraf 1 % = 0,380 diperoleh perbandingan berdasarkan tabel nilai yang diperoleh ialah : 0,294 < 0,380 maka hipotesis nol (Ho) yang berbunyi : "Tidak ada hubungan positif antara kompetensi pedagogi guru wiyata bakti dengan prestasi belajar siswa di MTs. Yakti Tegalrejo, Kec. Tegalrejo, Kab. Magelang Tahun 2013", sehingga Ho ditolak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2019 04:29
Last Modified: 02 Apr 2019 04:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5128

Actions (login required)

View Item View Item