MANAJEMEN PEMBELAJARAN BOARDING SCHOOL DI MAN 1 KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Khoiriyah, Nikmatul (2014) MANAJEMEN PEMBELAJARAN BOARDING SCHOOL DI MAN 1 KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Management of Learning, PDF.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Khoiriyah, Nikmatul. 2014. Manajemen Pembelajaran Boarding School Di MAN 1 Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Salatiga. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Fatchurrohman, M.Pd. Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Boarding School Pendidikan merupakan suatu hal urgen dan bermakna dalam kehidupan manusia yang bertujuan tinggi, yaitu mengembangkan potensi manusia baik batiniah maupun lahiriah. Salah satu upaya untuk mewujudkan tujuan tinggi pendidikan adalah dengan menyelenggarakan program boarding school berciri khas keislaman dengan sistem pesantren. Sebagai contoh adalah program unggulan boarding school berciri khas islam dengan sistem pesantren di MAN 1 Kabupaten Magelang yang diberi nama Islamic Boarding School Daarunnajaah. Program ini mulai diselenggarakan pada tahun pelajaran 2012/2013 dengan disertai tujuan dan cita-cita tinggi. Pada penyelenggaraannya yang baru seumur jagung ini telah berhasil mengirimkan dutanya dalam berbagai perlombaan dan membawa kejuaraan. Berdasarkan paparan di atas peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang implementasi manajemen pembelajaran boarding school di MAN 1 Kabupaten Magelang serta faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen pembelajaran boarding school di MAN 1 Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field research) dengan metode kualitatif bersifat naturalistik. Penelitian dilakukan pada 12 April-9 Agustus 2014 dengan melibatkan kepala sekolah, waka humas dan keislaman, pembina asrama, beberapa ustadz pengampu kajian kitab, pengampu klinik mapel, dan beberapa santri sebagai informan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dikumpulkan, direduksi dan diinterpretasi dengan menggunakan metode berpikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi manajemen pembela-jaran boarding school berciri khas keislaman dengan sistem pesantren diawali dengan penyusunan program pembelajaran tetapi tidak membuat perencanaan pembelajaran. Dalam pengorganisasian pembelajaran dilakukan pengelolaan guru, pengasuh/pembina, santri/peserta didik, materi, dan waktu pelaksanaan pembela-jaran. Pelaksanaan pembelajaran rata-rata menggunakan metode pembelajaran PA1 dengan media buku/kitab dan papan tulis serta perangkatnya. Pada bagian pengawasan pembelajaran dilakukan pengawasan terhadap pelaksanaan pembela-jaran oleh penanggung jawab yaitu kepala sekolah dan pembina asrama. Untuk evaluasi belum dilaksanakan secara formal melainkan dilakukan secara langsung setelah pembelajaran secara lisan, praktek, maupun pengamatan pada keseharian. Faktor yang mempengaruhi pelaksanaan manajemen pembelajaran berasal dari lingkungan, pembina, guru/pengampu kegiatan belajar, santri, orang tua santri, dan juga fasilitasnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2019 05:47
Last Modified: 22 Jan 2020 01:10
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5140

Actions (login required)

View Item View Item