PENGARUH PENGUASAAN MATA PELAJARAN FIQH TERHADAP KETRAMPILAN WUDU SISWA KELAS II MIN SIDODADI PATEAN KENDAL TAHUN 2014

Bahtiyar, Bad'ik Khairul (2015) PENGARUH PENGUASAAN MATA PELAJARAN FIQH TERHADAP KETRAMPILAN WUDU SISWA KELAS II MIN SIDODADI PATEAN KENDAL TAHUN 2014. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Bad’ik Khairul Bahtiyar 12507050.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Bahtiyar, Bad’ik Khairul. 2014. Pengaruh Penguasaan Mata Pelajaran Fiqh terhadap Ketrampilan Wudu Siswa Kelas II di MIN Sidodadi, Kec. Patean, Kab. Kendal. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Miftachur Rif’ah M, M.Ag. Kata kunci : Penguasaan mata pelajaran fiqh, ketrampilan wudu Perkembangan agama pada masa anak-anak, terjadi melalui pengalaman hidupnya sejak kecil, dalam keluarga, di sekolah dan dalam masyarakat lingkungan. Semakin banyak pengalaman yang bersifat agama, sesuai dengan ajaran agama, akan semakin banyak unsur agama, maka sikap tindakan, kelakuan, dan caranya menghadapi hidup akan sesuai dengan ajaran agama. Oleh karena itu seharusnya mereka memahami dan menerapkan kaidah secara benar dalam berwudu untuk mencapai kesempurnaan beribadah dalam kehidupan. Penelitian ini membahas tentang pengaruh penguasaan mata pelajaran fiqh terhadap ketrampilan wudu pada siswa kelas II MIN Sidodadi Patean Kendal. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah:(1) Bagaimanakah penguasaan mata pelajaran fiqh siswa kelas II di MIN Sidodadi, Kec. Patean, Kab. Kendal?.(2) Bagaimanakah ketrampilan wudu siswa kelas II di MIN Sidodadi, Kec. Patean, Kab. Kendal?.(3) Adakah pengaruh penguasaan mata pelajaran fiqh terhadap ketrampilan siswa kelas II di MIN Sidodadi, Kec. Patean, Kab. Kendal? Pengumpulan datanya menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan rancangan studi korelasional. Metode pengumpulan data dengan menggunakan instrumen observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka diperoleh bahwa: (1) penguasaan mata pelajaran fiqh menunjukkan kategori terlampaui ada 19 siswa atau 76%, yang menunjukkan kategori tercapai ada 2 siswa atau 8%, dan yang berada belum tercapai ada 4 siswa atau 16%. (2) Ketrampilan wudu yang menunjukkan kategori baik sekali ada 8 siswa atau 32%, yang menunjukkan kategori baik ada 5 siswa atau 20%, yang menunjukkan kategori cukup baik ada 6 siswa atau 24 %, dan yang berada kategori tidak baik ada 6 siswa atau ada 24%. (3) Maka dari itu ada hubungan yang signifikan antara penguasaan mata pelajaran fiqh terhadap ketrampilan wudu siswa kelas II di MIN Sidodadi Kecamatan Patean Kabupaten Kendal terlihat dari hasil analisis statistik bahwa rxy hitung (0,508) > rxy tabel (0,396) pada taraf signifikansi 5% dengan N= 25.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Apr 2019 06:06
Last Modified: 02 Apr 2019 06:06
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5144

Actions (login required)

View Item View Item