PERSEPSI GURU TENTANG SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI KERJA GURU DI MTs. AL-MINA NGAWINAN JETIS BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Ambarwati, Hesti (2014) PERSEPSI GURU TENTANG SUPERVISI KEPALA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI KERJA GURU DI MTs. AL-MINA NGAWINAN JETIS BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Other thesis, JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI HESTI AMBARWATI _111 10 053_ JURUSAN TARBIYAH STAIN .pdf

Download (2MB)
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id

Abstract

Ambarwati, Hesti. 2014. Persepsi Guru Tentang Supervisi Kepala Sekolah Terhadap Prestasi Kerja Guru Di MTs. Al-Mina Ngawinan Jetis Bandungan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah dan Prestasi Kerja Guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: adakah pengaruh antara persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah terhadap prestasi kerja guru di MTs Al Mina Ngawinan Jetis Bandungan Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode angket, dokumentasi dan metode analisis data. Subyek penelitian sebanyak 30 responden, menggunakan teknik populasi dan sampel (purposive random sampling). Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data x dan data y. Data penelitian yang terkumpul di analisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis korelasi. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan ada pengaruh yang positif hubungan antara persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah dengan prestasi kerja guru. Hal ini dapat dilihat dengan hasil angket yang memperoleh kategori A mencapai nilai 50% dari 30 responden yang memandang bahwa persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah dalam kategori tinggi, yaitu berada pada interval 38–40. Sedangkan untuk prestasi kerja guru yang memperoleh kategori B mencapai nilai 70%, berada pada interval 33-38. Setelah data berhasil, kemudian hasil tersebut dikonsultasikan dengan rtabel. Dengan jumlah 30 responden dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh pada tabel N taraf signifikansi 5% = 0,361, dan apabila ditunjukkan dengan hasil hitung koefisien korelasi ro = 0,375 > 0,361. Maka hipotesis kerja (Ha) yang berbunyi "ada pengaruh positif antara persepsi guru tentang supervisi kepala sekolah terhadap prestasi kerja guru di MTs Al-Mina Ngawinan Jetis Bandungan Tahun Pelajaran 2013/2014" hipotesis yang penulis ajukan diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2019 02:36
Last Modified: 09 Apr 2019 02:36
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5227

Actions (login required)

View Item View Item