STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA SMK NEGERI 1 DAN SMK SARASWATI KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

MAELANI, NENDEN ESA KHOERUNNISA (2014) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN MUSLIM SISWA SMK NEGERI 1 DAN SMK SARASWATI KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NENDEN ESA.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id

Abstract

Maelani, Nenden Esa Khoerunnisa. 2014. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Kepribadian Muslim Siswa SMK Negeri 1 dan SMK Saraswati Salatiga. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri. Pembimbing: Drs. Bahroni, M.Pd . Kata Kunci: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Pengembangan Kepribadian Muslim Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa saja yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengembangkan kepribadian muslim siswa SMK Negeri 1 dan SMK Saraswati kota Salatiga. Dari penelitian ini diharapkan bisa menjadi salah satu acuan bagi guru PAI di sekolah menengah kejuruan lain maupun sekolah umum lainnya dalam mengembangkan kepribadian muslim siswa menjadi lebih baik. Dari hal tersebut, maka pertanyaan utama dalam penelitian ini adalah (1) strategi apa saja yang dilakukan oleh guru PAI di masing-masing sekolah? (2) kegiatan apa saja yang dilakukan guru PAI dalam mengembangkan kepribadian muslim siswa di masing-masing sekolah? (3) apa saja faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam mengembangkan kepribadian muslim siswa di masing-masing sekolah?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Dilaksanakan di SMK Negeri 1 dan SMK Saraswati kota Salatiga dari tanggal 20 Agustus sampai dengan 29 Agustus2014. Informan dari penelitian ini ada 5 guru, yaitu 2 guru dari SMK Negeri 1 Salatiga dan 3 guru dari SMK Saraswati. Metode pengumpulan data dengan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deduktif secara deskriptif. Kesimpulan penelitian: (1) Kondisi kepribadian muslim siswa-siswi SMK Negeri 1 dan SMK Saraswati kota Salatiga sudah dapat dikategorikan baik. Hal ini dapat terlihat dari keramahan, kesopanan, rasa hormat, kedisiplinan yang ditunjukkan oleh siswa di kedua sekolah tersebut. (2) Strategi yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengembangkan kepribadian muslim siswa diantaranya adalah : pendekatan personal, penerapan kedisiplinan, pembiasaan yang baik, penguatan perilaku, peneladanan, dan memberikan motivasi siswa.Kegiatan yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengembangkan kepribadian muslim siswa diantaranya ialah Salaman guru dan murid, berwudhu sebelum pelajaran, berdoa sebelum/sesudah pelajaran, pembacaan ayat suci al-Quran, Pembacaan asmaul husna, infaq PAI, salat dhuha bersama, salat dhuhur berjamaah, jumat bersih, jumatan bersama, dan kajian nisa.(3) Faktor pendukung guru PAI dalam mengembangkan kepribadian muslim siswa diantaranya ialah guru,siswa, lingkungan sekolah, dan sarana prasarana. Faktor penghambat guru PAI dalam mengembangkan kepribadian muslim siswa diantaranya ialah motivasi dan partisipasi orang tua, kesadaran siswa, lingkungan pergaulan, dan waktu yang terbatas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Apr 2019 02:41
Last Modified: 09 Apr 2019 02:41
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5229

Actions (login required)

View Item View Item