PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MENGGUNAKAN TEKNIK KOLASE PADA KELOMPOK B DI TK ISLAM KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

PRASUSILANTARI, RUSDIANA (2019) PENGEMBANGAN KECERDASAN VISUAL SPASIAL ANAK MENGGUNAKAN TEKNIK KOLASE PADA KELOMPOK B DI TK ISLAM KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi jadi Rusdiana.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengembangkan kecerdasan visula spasial melalui teknik kolase pada anak usia dini. Permasalahan dari penelitian ini apakah dengan menggunakan kolase dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial anak pada kelompok B di TK Islam Tuntang Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua Siklus yang masing-masing siklu terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B di TK Islam Tuntang kabupaten semarang yang berjumlah 16 anak meliputi 10 laki-laki dan 6 perempuan. Instrumen penelitian meliputi Rencana Kegiatan (RKH), lembar observasi anak dan guru, lembar evaluasi anak. Metode pengumpulan data yang di gunakan yaitu tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan teknik kolase dapat mengembangkan kecerdasan visual spasial pada anak kelompok B di TK Islam tuntang kabupaten semarang tahun pelajaran 2018. Pada Pra Siklus pencapaian perkemanagan anak hanya 30%. Presentase keberhasilan Siklus I terdapat terdapat 6 anak belum muncul (BM) perkembanganya, dan 7 anak mulai muncul (MM) perkembangannya dan 3 anak berkembang sesuai harapan (BSH) dengan pencapaian kelas 46%. Pada Siklus II diperoleh data 16 anak dengan pencapaian kelas 92% sudah mencapai indikator pengembangan yaitu berkembang sesuai harapan (BSH). Hasil data tersebut dapat diketahui bahwa kecerdasan visual spasial anak mengalami pengembangan melalui teknik kolase pada anak kelompok B di TK Islam Tuntang Kabupaten semarang dari Siklus I ke Siklus II sudah memenuhi kriteria ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu 85% dari jumlah seluruh anak yang mencapai rata-rata 92% sehingga penelitian pengembangan kecerdasan visual spasial anak menggunakan tekinik kolase di TK Islam Tuntang kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019 dinyatan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2019 14:42
Last Modified: 10 Apr 2019 14:42
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5255

Actions (login required)

View Item View Item