KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Negeri I Bringin Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2018/2019)

Saputro, Fahmi Eko (2019) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN (Studi Kasus di Sekolah Menengah Atas Negeri I Bringin Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2018/2019). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
pdfjoiner.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi tentang kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran, karena guru merupakan sosok yang memiliki posisi strategis dalam proses pembelajaran. Sehingga keberhasilan sebuah pendidikan sebagian besar ditentukan oleh faktor guru. Adapun tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kompetensi guru pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMA Negeri 1 Bringin ? (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam yang diterapkan di SMA Negeri 1 Bringin. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, maka kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung sebagai instrument dan sebagai pengumpul data hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Data yang berbentuk kata-kata diperoleh dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu melakukan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan triangulasi. Adapun hasil penelitiannya adalah seabagai berikut: (1)Kompetensi professional guru pendidikan agama Islam di SMA Negeri 1 Bringin yang di peroleh berdasarkan hasil observasi melalui indikator- indikator yang telah di persiapkan adalah sangat baik, dan mampu melaksanakan kompetensi profesionalnya sebagai guru dengan ideal sesuai indikator yang telah ada dalam penelitian ini (2)Agar proses belajar mengajar bisa berjalan secara maksimal dan bisa mencapai tujuan yang telah ditetapkan, maka guru mengadakan evaluasi pembelajaran sebagai umpan balik bagi guru dari proses belajar mengajar yang telah dilaksanakan. Adapun dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran yang diterapkan di SMA Negeri 1 Bringin ini teknik yang digunakan guru dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran adalah dengan menggunakan teknik tes, yaitu tes tulis, tes lisan, dan tes perbuatan, yang mempunyai fungsi tes formatif, tes sumatif, dan tes diagnostic, dan berdasarkan indikator yang telah ada maka guru tersebut telah melaksanakan evaluasi sesuai dengan indikator yang di cantumkan, walaupun masih terdapat beberapa indikator yang memerlukan perhatian khusus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2019 11:36
Last Modified: 11 Apr 2019 11:36
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5271

Actions (login required)

View Item View Item