PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEMANFAATAN DAN RISIKO TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN INTERNET BANKING DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Nasabah BNI Syariah KC Yogyakarta)

Wahyuningsih, Sri Ambar (2019) PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN, KEMANFAATAN DAN RISIKO TERHADAP MINAT NASABAH MENGGUNAKAN INTERNET BANKING DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Nasabah BNI Syariah KC Yogyakarta). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SRI AMBAR WAHYUNINGSIH 213-14-143.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Wahyuningsih, Sri Ambar. 2019. Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kemanfaatan, dan Risiko Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Internet Banking dengan Kepercayaan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Nasabah Bank BNI Syariah KC Yogyakarta)”Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Anton Bawono, M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemudahan, kemanfaatan, dan risiko terhadap minat nasabah menggunakan internet banking dengan kepercayaan sebagai variabel intervening. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kusioner kepada nasabah Bank BNI Syariah KC Yogyakarta sebayak 156 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik sampel puroposive samplingyang merupakan salah satu teknik pengumpulan data nonprobability sampling,dengan pertimbangan sebagai berikut : (1) nasabah Bank BNI Syariah Yogyakarta, (2) beragama islam, (3) berusia 17 tahun atau lebih, (4) sudah bekerja atau memiliki penghasilan sendiri, dan (5) memiliki rekening atau nasabah di bank syariah. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS Statistic 23. Analisis ini meliputi uji reliabilitas, uji validitas, uji asumsi klasik, uji statistik dan uji menggunakan path analysis. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa variabel kemudahan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan internet banking di bank BNI Syariah, variabel kemanfaatan berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap minat menggunakan internet banking. Variabel risiko berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakan internet banking. Variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menggunakaan internet banking. Kata Kunci: Kemudahan, Kemanfaatan, Risiko, Kepercayaan, Minat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2019 13:36
Last Modified: 11 Apr 2019 13:36
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5277

Actions (login required)

View Item View Item