Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Satuan Waktu dengan Strategi Student Teams Achievement Division (STAD) Kelas V MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga Tahun 2018/2019

Fatmawati, Febri Dwi (2019) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Satuan Waktu dengan Strategi Student Teams Achievement Division (STAD) Kelas V MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga Tahun 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FEBRI DWI FATMAWATI.pdf

Download (13MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya hasil belajar matematika materi operasi hitung satuan waktu pada kelas V MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga tahun 2018/2019 serta belum memenuhi target capaian ketuntasan secara klasikal. Rendahnya hasil belajar siswa dapat diketahui dari nilai rata-rata kelas yaitu 53,04. Secara klasikal juga belum memenuhi target pencapaian KKM sebesar 85% dibuktikan dari hasil Pra Pelaksanaan Siklus dengan presentase 26,09% dan dinyatakan tuntas hanya 6 siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan memenuhi target pencapaian KKM materi operasi hitung satuan waktu pada kelas V MI Ma’arif Global Blotongan dengan menggunakan Strategi Student Teams Achievement Division (STAD). Strategi penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 20 Oktober 2018, Siklus II dilaksanakan pada tanggal 24 Oktober 2018, dan Siklus III dilaksanakan pada tanggal 27 Oktober 2018. Berdasarkan hasil dari penelitian yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa dengan Strategi Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar dan memenuhi target pencapaian KKM matematika yaitu 70 pada materi operasi hitung satuan waktu kelas V MI Ma’arif Global Blotongan Salatiga. Hal ini dibuktikan dari peningkatan rata-rata kelas dari Pra Pelaksanaan Siklus ke Siklus I yaitu dari 53,04 menjadi 61,30 dengan peningkatan 8,26. Dari Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan 11,30 dengan rata-rata dari 61,30 menjadi 72,60. Dan dari Siklus II ke Siklus III terjadi peningkatan 10,44 dengan rata-rata dari 72,60 menjadi 83,04. Terpenuhinya target pencapaian KKM lebih dari 85% juga terbukti dari kenaikan presentase tiap siklus yaitu pada Siklus I dinyatakan tuntas 12 siswa dengan presentase 52,17%, kemudian Siklus II dinyatakan tuntas 15 siswa dengan presentase 65,22% dan pada Siklus III dinyatakan tuntas 20 siswa dengan presentase 86,96%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2019 02:39
Last Modified: 12 Apr 2019 02:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5286

Actions (login required)

View Item View Item