IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI PANTI ASUHAN DARUL HADLANAH DESA BLOTONGAN KOTA SALATIGA TAHUN 2018

Aliyah, Himmatul (2019) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DI PANTI ASUHAN DARUL HADLANAH DESA BLOTONGAN KOTA SALATIGA TAHUN 2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI HIMA PDF FIX OKOK.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Aliyah, Himmatul. 2019. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter di Panti Asuhan Darul Hadlanah Desa Blotongan Kota Salatiga Tahun 2018. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisna, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi; Nilai-Nilai Pendidikan Karakter; Panti Asuhan Anak adalah generasi penerus bangsa yang perlu dijaga dan didik dengan baik terutama di lingkungan keluarga sebagai lingkungan pertama dalam memebentuk karakter anak. Permasalahn timbul ketika hak-hak anak terabaikan dan menjadi anak terlantar sehingga kondisi tersebut mempengaruhi perkembangan mental dan emosional anak. Sebagai lembaga pengganti orang tua, panti asuhan tentunya perlu memperbaiki kondisi anak terlantar tersebut. Salah satu upaya itu adalah dengan mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan karakter. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi nilai-nilaipendidikan karakter, metode yang digunakan dalam pendidikan karakter serta faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter di Panti Asuhan Darul Hadlanah Salatiga. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan penelitian kualitatif karena data dan hasil penelitian yang diperoleh diolah dan dijelaskan berdasarkan deskripsi penulis. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara dengan ustadz-ustadzah, dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto kegiatan terkait pendidikan karakter dan foto sarana prasarana panti asuhan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, implementasi nilai-nilaipendidikan karakter di Panti Asuhan Darul Hadalanah adalah proses penanaman nilai-nilai karakter pada diri anakyang dilakukanmelalui kegiatan kegamaan yang didasarkan pada tiga pendektan yaitu Ngaji (Al-Qur’an dan Kitab), Masjid dan Kiyai serta melalui kegiatan ekstra yang bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, sikap dan ketarmpilan anak. Kedua, Metode yang digunakan dalam pendidikan karakter di Panti Asuhan Darul Hadlanah antara lain: metode tarbiyah (pendidikan), metode teladan (contoh), metode pembiasaan dan metode cerita (kisah). Ketiga, faktor pendukung dan penghambat pendidikan karakter di Panti Asuhan Darul Hadlanah, faktor pendukungnya meliputi: metode yang digunakan ustadz-ustadzahnya dalam mengajar sangat menarik, adanya rasa kekeluargaan yang tinggi di panti dan kelompok bermain di panti sebagaian besar berakhlak baik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: sebagian anak masih merasa minder (kurang percaya diri) ketika disuruh maju hafalan dan menemui orang yang belum dikenal, beberapa anak masih merasa murung karena sering memikirkan masalah keluarganya, pengaruh lingkungan sekolah dan anak berteman dengan anak yang suka malas-malasan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2019 09:48
Last Modified: 12 Apr 2019 09:48
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5289

Actions (login required)

View Item View Item