Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction(PBI) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019

Maghfiroh, Nurul (2019) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Zat Aditif dan Zat Adiktif Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction(PBI) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
jadi Vivi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi zat aditif dan zat adiktif melalui model Problem Based Instruction (PBI)pada siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas VIIISMP Negeri 2 Salatiga yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama kurang lebih 1pada bulan November 2018. PTK ini yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu terdiri dari 1) Planning, untuk mengidentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian lainnya. 2) Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran IPA. 3) Observing, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan. 4) Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan.Metode Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analis data yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian nilai dengan Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM) dan ditandai dengan peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh data sebagai berikut: Standart KKM mata pelajaran IPA adalah 75, pada hasil pra siklus terdapat 4 (14,28%) siswa tuntas belajar, dan 24 (85,71%) siswa belum tuntas belajar dengan rata-rata kelas 65,3; setelah menggunakan model PBI diperoleh datasiklus I dari hasil test terjadi peningkatan hasil belajar terdapat 13 (46,42%) siswa tuntas berlajar dan 15 (53,58%) siswa belum tuntas belajar dengan rata-rata 70,14.Siklus II pada hasil test terdapat 25 (89,28%) siswa tuntas belajar dan 3 (10,72%) siswa belum tuntas dengan rata-rata 80,15. Data yang diperoleh dari siklus I dan II setelah menggunakan model PBI mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Seni dan Olah Raga
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2019 14:11
Last Modified: 12 Apr 2019 14:11
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5332

Actions (login required)

View Item View Item