Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Thaharah Menggunakan Media Audio Visual Dan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas Vii B Semester I Smp Negeri 1 Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.

UTAMI, ERNA NUR (2019) Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Thaharah Menggunakan Media Audio Visual Dan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas Vii B Semester I Smp Negeri 1 Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ERNA NUR UTAMI 23010 15 0103 PAI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Utami, Erna Nur. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Thaharah Menggunakan Media Audio Visual Dan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas VII B Semester I SMP Negeri 1 Susukan Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Sutrisna, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam, Metode Demonstrasi, Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya data yang diperoleh dari SMP Negeri 1 Susukan, bahwa hasil belajar siswa kelas VII B mata pelajaran pendidikan agama Islam materi thaharah masih terhitung rendah. Hal ini dikarenakan penggunaan metode dan media dalam kegiatan pembelajaran pendidikan agama Islam yang belum maksimal. Untuk itu peneliti melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam materi thaharah menggunakan media audio visual dan metode demonstrasi pada siswa kelas VII B semester I SMP Negeri 1 Susukan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dari pra sikus nilai rata-rata kelas 66,37 yang tuntas 12 (41%) siswa dan yang belum tuntas 17 (59%) siswa. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 71,72 yang tuntas 20 (69%) siswa dan yang belum tuntas 9 (31%) siswa. Dapat diketahui dari pra siklus ke siklus I meningkat 8 (28%) siswa dan nilai rata-rata 5,35. Pada siklus II nilai rata-rata kelas 77,65 yang tuntas 27 (93%) siswa dan yang belum tuntas 2 (7%) siswa. Dari siklus I ke siklus II meningkat 7 (24%) siswa yang tuntas dan nilai rata-rata 5,93. Jadi, berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media audio visual dan metode demonstrasi pada mata pelajaran pendidikan agama Islam materi thaharah dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas VII B semester I SMP Negeri 1 Susukan tahun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2019 15:26
Last Modified: 12 Apr 2019 15:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5354

Actions (login required)

View Item View Item