STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANTARA SISWA DARI MI DAN SISWA DARI SD PADA SISWA KELAS VII MTS MUALLIMIN MUDAL KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019.

BIROH, RIFATUL (2019) STUDI KOMPARASI KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANTARA SISWA DARI MI DAN SISWA DARI SD PADA SISWA KELAS VII MTS MUALLIMIN MUDAL KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
RIFATUL BIROH 111 14 359.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah Saat ini, banyak dijumpai anak yang masuk ke jenjang sekolah menengah pertama masih belum lancar dalam membaca Al-Qur’an. Secara teoritik, siswa yang berasal dari MI kemampuan membaca Al-Qur’annya bisa dikatakan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang berasal dari SD. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bahwa siwa yang berasal dari SD kemampuan membaca Al-Qur’annya bisa lebih baik dibandingkan siswa yang berasal dari MI karena adanya banyak faktor yang mempengaruhi. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang: 1. Bagaimana tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berasal dari Madrasah Ibtidaiyah di kelas VII MTs Muallimin Mudal Kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2018/2019? 2. Bagaimana tingkat kemampuan membaca Al-Qur’an siswa yang berasal dari Sekolah Dasar di kelas VII MTs MTs Muallimin Mudal Kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2018/2019? 3. Apakah terdapat perbedaan kemampuan membaca Al-Qur’an antara siswa yang berasal dari MI dan siswa yang berasal dari SD pada siswa kelas VII MTs Muallimin Mudal Kabupaten Temanggung tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang datanya dideskripsikan dalam bentuk angka-angka dan dihasilkan melalui perhitungan dengan rumus statistik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes kemudian data ditranskip menjadi data yang lengkap. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1. Kemampuan membaca al-Qur'an siswa yang berasal dari MI, berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-ratanya adalah 87.06667 dan dikategorikan cukup. Dengan hasil tersebut dapat dapat diketahui bahwa proses belajar mengajar al-Qur’an yang diterima siswa yang berasal dari MI berhasil. 2. Kemampuan membaca al-Qur’an siswa yang berasal dari SD, berdasarkan hasil penelitian diketahui rata-ratanya adalah 71.47222 dan dikategorikan cukup baik. Dengan hasil tersebut dapat diketahui bahwa proses belajar mengajar al-Qur’an yang diterima siswa yang berasal dari SD berhasil. 3. Dengan berdasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan metode komparatif yang diperoleh harga to = 3.417329 lebih besar dari harga t tabel dengan db/df = 31 pada t tabel 5% = 1.695 dan, to = 3.417329 jauh lebih besar dari harga t tabel 1 % = 2.452 yang berarti signifikan. Jadi hipotesis “terdapat perbedaan kemampuan membaca al-Qur’an antara siswa yang berasal dari MI dan siswa yang berasal dari SD pada kelas VII MTs Muallimin Mudal Kabupaten Temanggung Tahun 2018/2019” dapat diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2019 15:58
Last Modified: 12 Apr 2019 15:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5360

Actions (login required)

View Item View Item