PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI MEMBUAT DENAH DAN PETA LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN ALAT PERAGA DENAH DAN PETA LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS III SEMESTER 1 SDN KARANGJATI 02 KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dias, Aerla Ayustata (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MATERI MEMBUAT DENAH DAN PETA LINGKUNGAN RUMAH DAN SEKOLAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION DENGAN ALAT PERAGA DENAH DAN PETA LINGKUNGAN SEKOLAH PADA SISWA KELAS III SEMESTER 1 SDN KARANGJATI 02 KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI AERLA AYUSTATA DIAS PGMI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dias, Aerla Ayustata. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Materi Membuat Denah dan Peta Lingkungan Rumah dan Sekolah Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Alat Peraga Denah dan Peta Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas III Semester 1 SD Negeri Karangjati 02 Kec. Bergas Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurusan PGMI. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Sutrisna, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Model Pembelajaran Explicit Instruction dengan Alat Peraga Denah dan Peta Lingkungan Sekolah, hasil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah menggunakan model pembelajaran explicit instruction dengan alat peraga denah dan peta lingkungan sekolah pada siswa kelas III semester 1 SDN Karangjati 02 Kec. Bergas Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 34 siswa yaitu 22 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Langkah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi membuat denah dan peat lingkungan rumah dan sekolah pada siswa kelas III semester 1 SDN Karangjati 02 Kec. Bergas Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa model pembelajaran explicit instruction dengan alat peraga denah dan peta lingkungan sekolah dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS materi membuat dneha dan peta lingkungan rumah dans sekolah pada siswa kelas III semester 1 SDN Karangjati 02 Kec. Bergas Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Dapat dibuktikan dari data yang per siklusnya, hasil pra siklus hanya 2 siswa (5,88%) yang tuntas KKM, sedangkan 32 siswa (94,12%) belum tuntas KKM. Selanjutnya pada siklus I 25 siswa (73,52%) yang tuntas KKM, sedangkan 9 siswa (26,42%) belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata 42,92. Diperoleh peningkatan hasil belajar pra siklus ke siklus 1 67,64%. Pada siklus II 31 siswa 91,17% ? 85% yang tuntas KKM, sedangkan 3 siswa (8,83%) belum tuntas KKM dengan nilai rata-rata 82,84. Diperoleh peningkatan hasil belajar siklus I ke siklus II 17,65%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2019 16:05
Last Modified: 12 Apr 2019 16:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5363

Actions (login required)

View Item View Item