Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ekosistem Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Pada Siswa Kelas VII Semeter II SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019

Izzati, Iftach Laila Rohatul (2019) Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Ekosistem Melalui Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (Jas) Pada Siswa Kelas VII Semeter II SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
jadi iftach.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa materi ekosistem dengan menggunakan pendekatan pembelajaran JAS pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus melalui tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D yang berjumlah 32 siswa dengan rincian 16 siswa putra dan 16 siswa putri. Berdasarkan hasil penelitian, Pendekatan Jelajah Alam Sekitar dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi ekosistem pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dibuktikan dari hasil pra siklus yang mencapai KKM hanya 50% (16 siswa yang tuntas) sedangkan 50% tidak tuntas. Kemudian pada siklus I siswa telah mencapai KKM yaitu 63% (20 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 63,375 sedangkan pada siklus II telah mencapai KKM sebesar 87% (28 siswa yang tuntas) dengan nilai rata-rata 73.3125. Persentase siswa yang mencapai KKM pada siklus II yaitu 87% menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas ini berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2019 02:02
Last Modified: 13 Apr 2019 02:02
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5374

Actions (login required)

View Item View Item