PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI QADHA DAN QADAR MENGGUNAKAN METODE THE POWER OF TWO SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ambarwati, (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI QADHA DAN QADAR MENGGUNAKAN METODE THE POWER OF TWO SISWA KELAS XII DI SMA NEGERI 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI AMBARWATI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ambarwati, 2019 Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Qadha dan Qadar Menggunakan Metode The Powet Of Two Siswa Kelas XII di SMA Negeri 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Study Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Sutrisna, M. Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Metode The Power Of Two Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Qadha dan Qadar menggunakan metode The Power Of Two kelas XII di SMA Negeri 2 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Subjek dalam penilitian ini berjumlah 28 siswa yang terdiri dari 8 siswa laki-laki, dan 20 siswa perempuan. Pembelajaran yang di ajarkan guru di kelas hanya sebatas peserta didik mengetahui informasi yang disampaikan oleh guru tanpa di tuntut untuk aktif dan memahami informasi yang dapat diterapkan dalam kehidupan mereka. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan yaitu apakah penerapan metode The Power Of Two pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Qadha dan Qadar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: tahap perencanaan (plan), tahap pelaksanaan (action), tahap pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting) dimana setiap siklus difokuskan materi dengan penerapan metode The Power Of Two. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Qadha dan Qadar siswa kelas XII SMA Negeri 2 Salatiga. Sedangkan metode observasi, dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Qadha dan Qadar, respon siswa, keadan siswa, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode The Power Of Two dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi Qadha dan Qadar di kelas XII IPA 5 SMA Negeri 2 Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini terbukti dari perolehan hasil belajar siswa yang terus meningkat. Dari hasil analisis 28 siswa hasil pra siklus mencapai (14,28%) hanya 4 siswa yang tuntas, dan (85,71%) atau 24 siswa tidak tuntas sedangkan yang diharapkan nilai klasikal 85% dari seluuruh siswa mencapai KKM (nilai 75). Pada siklus I hasil belajar meningkat menjadi 67,85% hanya 19 siswa yang sudah tuntas, dan 32,14% atau 9 yang belum tuntas, pada siklus II nilai meningkat menjadi 92,85 % 26 siswa yang tuntas dan (7,14%) atau 2 siswa yang belum tuntas. Serta peningktan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 53,57% dan meningkat di siklus I ke siklus II sebesar 25%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2019 10:22
Last Modified: 13 Apr 2019 10:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5384

Actions (login required)

View Item View Item