Peningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Aspek Keterampilan Membaca Melalui Metode Shared Reading (SR) Pada Siswa Kelas II Semester II Mi Ma’arif Dukuh Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019

a, Mziytul Liliyyh (2019) Peningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Aspek Keterampilan Membaca Melalui Metode Shared Reading (SR) Pada Siswa Kelas II Semester II Mi Ma’arif Dukuh Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI MAZIYATUL LAILIYYAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca pada siswa kelas II Semester II MI Ma’arif Dukuh Salatiga. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar yaitu kurangnya minat baca siswa, pendampingan guru secara intensif karena terbatasnya waktu, kegiatan belajar yang monoton dan tidak bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar Bahasa Indonesia pada aspek keterampilan membaca melalui metode Shared Reading (SR) pada siswa kelas II Semester II MI Ma’arif Dukuh Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II A MI Ma’arif Dukuh Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Data dari penelitian ini diperoleh dari lembar pengamatan, soal evaluasi, dokumentasi dan observasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi membaca dengan menggunakan metode Shared Reading (SR). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa metode Shared Reading (SR) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik materi membaca pada siswa kelas II Semester II MI Ma’arif Dukuh Salatiga tahun pelajaran 2018/2019. Serta dapat melampaui target pencapaian klasikal yaitu <85% dari jumlah siswa yang yang mencapai nilai di atas KKM yakni 75. Pada aspek Kognitif dibuktikan dengan persentase prasiklus sebanyak 8 (42,10%) mencapai KKM, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 9 (47,36%) siswa yang mencapai KKM. Dan pada siklus II sebanyak 17 (89,47%) siswa yang mencapai nilai di atas KKM. Untuk aspek psikomotorik dibuktikan dengan persentase prasiklus sebanyak 5 (26,31%) siswa yang mencapai KKM, dan pada siklus I meningkat sebanyak 9 (47,36) siswa yang mencapai nilai di atas KKM. Dan pada siklus II sebanyak 18 (94,73) siswa yang telah mencapai nilai di atas KKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2019 11:22
Last Modified: 13 Apr 2019 11:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5390

Actions (login required)

View Item View Item