Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia materi menulis dongeng dengan menggunakan metode outingclass pada siswa kelas V semester 2 di SD N 1 Majegan Tahun Ajaran 2018/2019

Geofani, Fisca Putri (2019) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia materi menulis dongeng dengan menggunakan metode outingclass pada siswa kelas V semester 2 di SD N 1 Majegan Tahun Ajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
file CSKRIPSI WORD FISCAD fixs.pdf

Download (3MB)

Abstract

Menulis sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang diajarkan di sekolah dasar , merupakan sarana yang paling penting dikuasai oleh siswa agar dapat mengungkapkan gagasan pendapat, pengalaman dan perasaan dengan baik. Dengan demikian, menulis perlu dibiasakan kepada siswa sejak dini agar menulis menjadi kebiasaan anak didik khususnya menulis dongeng. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Penerapan metode outingclass dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis dongeng di kelas V Semester 2 di SD Negeri 1 Majegan Tulung Klaten Tahun pelajaran 2018/2019 Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis dongeng dengan menggunakan metode outingclass pada siswa kelas V di SD N 1 Majegan Kecamatan Tulung kabupaten Klaten Tahum ajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Tiap siklus masing-masing terdapat perencanaan , pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dengan cara menghitung rata-rata dan menghitung pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah terjadi peningkatan hasil belajar, hal ini dapat dilihat kondisi awal yaitu pra siklus nilai dari 19 siswa diketahui hanya 4 siswa atau (21%) siswa yang mendapatkan nilai tuntas dan 15 siswa belum tuntas.. Kemudian pada siklus I belum ada perubahan yaitu 4 siswa atau (21%) siswa yang nilainya tuntas dan 15 anak belum tuntas Tetapi pada Siklus II mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 18 siswa atau (91%) siswa yang tuntas dan 1 siswa yang belum tuntas. Berdasarkan Hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode outingclass dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi menulis dongeng pada siswa kelas V semester 2 di SD N 1 Majegan Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten Tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2019 11:29
Last Modified: 13 Apr 2019 11:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5391

Actions (login required)

View Item View Item