PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS DI PANTI ASUHAN BAITUL FALAH DESA REKSOSARI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019

Istiqomah, Fatkhatul (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS DI PANTI ASUHAN BAITUL FALAH DESA REKSOSARI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi FIKS 2.pdf

Download (4MB)

Abstract

Panti asuhan adalah tempat untuk mengasuh anak yatim, anak piatu, yatim piatu, bahkan anak yang terlantar untuk dibina menjadi anak yang mandiri, bertanggung jawab, serta panuh dan berguna bagi nusa dan bangsa. Dengan adanya panti asuhan diharapkan anak-anak mendapatkan haknya untuk memperoleh pendidikan, perlindungan, kasih sayang dan juga pengawasan. Di panti asuhan terdapat seorang pengasuh yang akan memenuhi kebutuhan anak asuhnya mulai dari menyayangi, mendidik, membimbing, serta menanamkan nilai-nilai religius dalam kehidupannya. Tujuan penelitian yaitu: 1. Mendeskripsikan peran pengasuh dalam penanaman nilai-nilai religius di Panti Asuhan Baitul Falah 2. Mendeskripsikan metode penanaman nilai-nilai religius 3. Mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai-nilai religius. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi untuk mengamati objek, wawancara untuk mencari informasi dari responden, dan dokumetasi untuk bukti penelitian. Sumberdata terdiri dari sumber data primer yaitu hasil observasi dan wawancara, dan sumber data sekunder yaitu buku serta dokumen-dokumen lainnya. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1.Pengasuh berperan dalam penanaman nilai religius sebagai bentuk tanggung jawab atas moral anak asuhnya, menjalankan tugas untuk mendidik dan membimbing Upaya penanaman nilai-nilai religius bertujuan untuk melatih anak agar terbiasa melaksanakan kegiatan keagamaan seperti: sholat berjamaah, mengaji, puasa, dan sebagainya 2. Dalam proses penanaman nilai-nilai religius pengasuh menggunakan beberapa metode, yaitu: keteladanan, pembiasaan, perhatian, pengasawan, nasihat serta hukuman 3. Ada beberapa faktor pendukung dalam proses penanaman nili-nilai religius, yaitu: lingkungan yang agamis, pengasuh yang sabar, dan sebagainya. Adapun faktor penghambat tercapainya tujuan tersebut, yaitu: perbedaan karakter, kurangnya kesadaran, dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2019 12:43
Last Modified: 24 Oct 2019 06:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5403

Actions (login required)

View Item View Item