“Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Memahami Al-Qur’an (Studi Kasus Peserta Didik di Kelas X BU 2 SMK N 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019)”.

ATIKAH, (2019) “Usaha Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Memahami Al-Qur’an (Studi Kasus Peserta Didik di Kelas X BU 2 SMK N 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019)”. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
PDF.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam keberhasilan membaca dan memahami Al-Qur’an bagi peserta didik di kelas X BU 2 SMK N 1 Salatiga. 2) Apa penyebab peserta didik di kelas X BU 2 SMK N 1 Salatiga kesulitan dalam membaca dan memahami Al-Qur’an. 3) Serta apa faktor pendukung dan faktor penghambat keberhasilan peserta didik di kelas X BU 2 SMK N 1 Salatiga dalam membaca dan memahami Al-Qur`an. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa.1) Usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam keberhasilan membaca dan memahami Al-Qur’an bagi peserta didik di kelas X BU 2 SMK N 1 Salatiga adalah dengan cara memberikan tugas one weekend one juz, tutor sebaya, metode iqra’ dan memberikan tes per anak maju di depan guru PAI. Untuk memahami makna ayat guru menjelaskan perkata dari ayat lalu digabungkan artinya sampai peserta didik bisa memahami maknanya. 2) Penyebab peserta didik kesulitan dalam membaca dan memahami Al-Qur’an ada dua yaitu internal seperti rasa malu, kurangnya minat dan kurangnya pembiasaan membaca Al-Qur’an di rumah. Penyebab eksternal seperti kurangnya dukungan dari orang tua serta kelelahan dengan tugas dan aktivitas sekolah. 3) Faktor pendukung dan faktor penghambat keberhasilan peserta didik dalam membaca dan memahami Al-Qur’an, ada faktor pendukung, yang faktor internal seperti rasa tanggung jawab dan kemauan belajar dan kurang memperhatikan saat pelajaran, faktor eksternal seperti media belajar yang mendukung, dukungan dari (orang tua, guru dan masyarakat), nilai dan poin tambahan, motivasi dari teman dan perhatiannya saat pelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya, yang internal ada rasa malas. Untuk eksternalnya ada pengaruh teman, kurangnya dukungan dari orang tua, dan banyak tugas sekolah peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2019 12:46
Last Modified: 13 Apr 2019 12:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5404

Actions (login required)

View Item View Item