Pengaruh Kecemasan Siswa dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI MI Negeri Salatiga Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019

Yulianingsih, Ulfa (2019) Pengaruh Kecemasan Siswa dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI MI Negeri Salatiga Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Yulianingsih, Ulfa. 2019. Pengaruh Kecemasan Siswa dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI MI Negeri Salatiga Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Jaka Siswanta, M.Pd. Kata kunci: Kecemasan siswa, gaya mengajar guru, hasil belajar matematika Kecemasan siswa dan gaya mengajar guru merupakan faktor yang mempengaruhi hasil belajar matematika. Penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara kecemasan siswa dan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar matematika di MI Negeri Salatiga Kota Salatiga. Studi ini dimaksudkan dengan menjawab permasalahan: (1) Bagaimanakah nilai kecemasan siswa kelas VI MI Negeri Salatiga Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimanakah nilai gaya mengajar guru kelas VI MI Negeri Salatiga Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019? (3) Bagaimanakah hasil belajar matematika siswa kelas VI MI Negeri Salatiga Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019? (4) Adakah pengaruh kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MI Negeri Salatiga Kota Salatuga Tahun Pelajaran 2018/2019? (5) Adakah pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas VI MI Negeri Salatiga Kota Salatiga tahun Pelajaran 2018/2019? (6) Adakah pengaruh kecemasan siswa dan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa kelas VI MI Negeri Salatiga Kota Salatiga tahun Pelajaran 2018/2019? Untuk menjawab permasalahan tersebut maka peneliti, dengan menitik beratkan pada korelasional pengaruh, digunakan analisis statistik regresi linear berganda. Subjek penelitian sebanyak 26 responden. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk menjaring data kecemasan siswa, gaya mengajar guru, dan hasil belajar siswa matematika diperoleh melalui dokumen nilai ulangan semester satu. Untuk informasi lainnya, peneliti meggunakan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Nilai Kecemasan siswa kelas VI MI Negeri Salatiga adalah tinggi, 2) Nilai Gaya mengajar guru kelas VI MI Negeri Salatiga adalah baik, 3) Hasil belajar matematika siswa kelas VI MI Negeri Salatiga adalah baik, 4) Ada pengaruh negatif antara kecemasan siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas MI Negeri Salatiga Hal ini menunjukkan ada pengaruh antara uji t X1 dan Y (- 4,345) merupakan korelasi negatif dan signifikan pada taraf 5% (4, 345 > 2,06), dan nilai signifikansi p = 0.000 < 0,05, 5) Ada pengaruh positif antara gaya mengajar guru terhdap hasil belajar siswa kelas VI MI Negeri Salatiga korelasi antara uji t X2 dan Y (2,524) merupakan korelasi positif yang signifikan pada taraf 5% (2,524 > 2,06) dan nilai signifikansi p = 0,019 < 0,05, 6) Ada pengaruh antara kecemasan dan gaya mengajar guru terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VI MI Negeri Salatiga, uji statistik linear berganda diperoleh rumus Y = 84,490 – 0,946 X1 + 0,646 X2, nilai F tabel pada tingkat = 0,05 dengan nilai regresi 2 dan jumlah residual sebanyak 23 sebesar. F hitung (10,320) > F tabel (3,40), artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel bebas kecemasan siswa dan gaya mengajar guru terhadap variabel terikat hasil belajar siswa kelas VI MI Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2019 06:59
Last Modified: 15 Apr 2019 06:59
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5407

Actions (login required)

View Item View Item