PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI TOLERANSI, KERUKUNAN, DAN MENGHINDARKAN DIRI DARI TINDAK KEKERASAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA SISWA KELAS XI AK 2 SEMESTER 1 SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

rahmi, Ummu Athika (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI TOLERANSI, KERUKUNAN, DAN MENGHINDARKAN DIRI DARI TINDAK KEKERASAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING PADA SISWA KELAS XI AK 2 SEMESTER 1 SMK DIPONEGORO SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Ummu Athika Rahmi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Abstrak : Rahmi, Ummu Athika. 2019. Peningkatan Hasil Belajar PAI dan Budi Pekerti Materi Toleransi, Kerukunan, dan Menghindarkan Diri Dari Tindak Kekerasan Menggunakan Model Contextual Teaching Learning Pada Siswa Kelas XI AK 2 Semester I SMK Diponegoro Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisna, M.Pd Kata Kunci : Hasil belajar, PAI Model Contextual Teaching Learning Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan pada siswa kelas XI AK 2 SMK Diponegoro Salatiga yang terdiri dari 27 siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus dengan 4 tahapan dalam setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan reflkesi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pra siklus 19% (5 siswa) yang memenuhi KKM, sedangkan 81% (22 siswa) belum memenuhi SKBM dengan nilai rata-rata 61,85. Meningkat pada siklus I 44% (12 siswa) mencapai SKBM, 56% (15 siswa) belum mencapai SKBM dengan nilai rata-rata 70,37. Namun, belum memenuhi indikator keberhasilan secara klasikal dan individual. Oleh karenanya, dilanjutkan pada siklus II dengan hasil 89% (24 siswa) mencapai kriteria ketuntasan dan hanya 11% (4 siswa) yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 81,85. Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan 45%. Maka, terbukti bahwa model pembelajaran Contextual Teaching Learning dapat meningkatkan hasil belajar PAI materi toleransi, kerukunan, dan menghindarkan diri dari tindak kekerasan pada siswa kelas XI AK 2 semester I SMK Diponegoro Salatiga tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2019 08:56
Last Modified: 15 Apr 2019 08:56
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5408

Actions (login required)

View Item View Item