PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MATERI BENTUK GEOMETRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B RA SRUWEN 01 KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NIKMAH, NUR RAYHANA EKA SARI HIDAYATUN (2019) PENGEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF MATERI BENTUK GEOMETRI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PUZZLE FLANEL PADA ANAK KELOMPOK B RA SRUWEN 01 KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NUR RAYHANA EKASARI PIAUD 116-13-034.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rayhana Ekasari, Nur 2018. Pengembangan kemampuan kognitif Materi Bentuk Geometri Dengan Menggunakan Media Puzzle Flanel Pada Anak Kelompok B RA Sruwen 01 Tahun Pelajaran 2017/ 2018. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Pendidikan IslamJurusan Pembimbing Siti Rukhayati, M.Ag. Anak Usia Dini. Institut Agama Islam Negeri Salatiga Kata Kunci: Kognitif Bentuk Geometri Media Puzzle Flanel Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah media puzzle dapat mengembangkan kemampuan kognitif materi bentuk geometri pada anak kelompok B RA Sruwen 01 tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan kemampuan kognitif materi bentuk geometri melalui media puzzle flanel pada kelompok B RA Sruwen 01tahun pelajaran 2017/2018 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah anak kelompok B sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan, dilaksanakan di RA Sriwen 01 tahun pelajaran 2017/2018. Teknik pengumpulan data antar lain dengan observasi dan tes pembelajaran selama dilakukan di kelas. kemampuan kognitif bentuk geometri selama tindakan dan dokumentasi kegiatan Berdasarkan hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa penggunaan media puzzle flanel dapat mengembangkan kemampuan kognitif materi bentuk geometri pada anak kelompok B RA Sruwen 01 Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui hasil nilai keberhasilan rata- rata kelas mengalami peningkatan perkembangan dalam setiap siklusnya, yaitu sebelum dilaksanakan penelitian tindakan kelas sebesar 32%, setelah dilakukantindakan melalui media puzzle flanel diperoleh sebesar 56% pada siklus I dan 92% pada siklus II. Hasil penelitian ini sudah memenuhi indikator 85% yang telah disepakati.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2019 14:29
Last Modified: 15 Apr 2019 14:29
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5445

Actions (login required)

View Item View Item