PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI AL-QUR’AN MELALUI METODE DISCOVERY INQUIRY PADA SISWA KELAS VII A SMP N 2 SELOGIRI WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Vithria, Ovie Varihat el (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI MATERI AL-QUR’AN MELALUI METODE DISCOVERY INQUIRY PADA SISWA KELAS VII A SMP N 2 SELOGIRI WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Ovie.pdf

Download (8MB)

Abstract

Vithria, OvieVarihat El. 2019.Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Materi Al-Qur’an Melalui Metode Discovery Inquiry Pada Siswa Kelas VII A SMP N 2 Selogiri Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019 Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Muh. Hafidz, M.Pd. Kata Kunci: HasilBelajar, Metode Discovery Inquiry dan Al-Qur’an Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode Discovery Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar mata Pelajaran PAI materi Al-Qur’an pada siswa kelas VII A SMP N 2 Selogiri Wonogiri Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI dan siswa kelas VII A SMP N 2 Selogiri Wonogiri yang terdiri dari 32 siswa yaitu 22 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan pencapaian nilai hasil belajar tiap siklus dengan ditandai peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Discovery Inquiry dapat meningkatkan hasi belajar siswa. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode Discovery Inquiry hanya 34,38% (11 siswa) yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sedangkan 65,62% (21 siswa) belum memenuhi KKM meningkat pada siklus I yang menunjukkan bahwa siswa mencapai kriteria ketuntasan klasikal 53,13% (17 siswa yang tuntas) sedangkan 46,87% (15 siswa yang belum tuntas) dengan nilai rata-rata 68,75, pada siklus II kriteria ketuntasan klasikal sebesar 75% (24 siswa yang tuntas) sedangkan 25% (8 siswa yang belum tuntas) dengan nilai ata-ratanya adalah 83,75, sedangkan pada siklus III kriteria ketuntasan klasikal sebesar 87,5% (28 siswa yang tuntas) sedangkan 12,5 % (4 siswa yang belum tuntas) dengan nilai rata-ratanya adalah 86,10. Dengan demikian, hasil belajar yang diperoleh siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,87% dan dari siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 12,5%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2019 08:10
Last Modified: 15 Apr 2019 08:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5451

Actions (login required)

View Item View Item