Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Puasa Melalui Metode Team Quiz Pada Siswa Kelas VIII B Mts Aswaja Tengaran Kab Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019

Machzum, Muhammad (2019) Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Puasa Melalui Metode Team Quiz Pada Siswa Kelas VIII B Mts Aswaja Tengaran Kab Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
BAB 1-5 Quiz Team.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fiqih materi Puasa dengan menggunakan metode pembelajaran Team Quiz pada siswa kelas VIII B Semester I MTs Aswaja Tengaran tahun pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian sebanyak 26 orang, terdiri dari 7 siswa perempuan dan 19 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19 November sampai tanggal 24 Desember 2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu dengan membandingkan pencapaian nilai dengan KKM dan ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian pada siklus I dan siklus II diperoleh data seperti berikut: KKM mata pelajaran Pendidikan Agama Islam adalah 75, sebelum menggunakan metode pembelajaran Team Quiz, hanya ada 34,6 % (9 siswa) yang tuntas, sedangkan 65,4% (17 siswa) belum memenuhi KKM. Setelah penggunaan metode pembelajaran Team Quiz dalam pelajaran PAI pada siklus I diperoleh data 61,5% (16 siswa) tuntas dan 38,5% (10 siswa) tidak tuntas, sehingga terjadi peningkatan sebesar 26,9% dibandingkan pada prasiklus. Setelah itu dilakukan refleksi siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 92,3% (24 siswa) tuntas dan 7,7% (2 siswa) belum memenuhi KKM. Dengan demikian dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 30,8%. Persentase Kriteria Ketuntasan Klasikal pada siklus II ini mencapai 92,3% dengan nilai rata-rata 87,5. Dengan kata lain sudah memenuhi indicator keberhasilan yang ditentukan yaitu persentase Kriteria Ketuntasan Klasikal sebesar 85% dengan standar KKM 75.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Apr 2019 16:05
Last Modified: 15 Apr 2019 16:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5461

Actions (login required)

View Item View Item