UpayaPeningkatan Prestasi BacaTulisAl-Qur’an Melalui Metode Peer Lesson pada Siswa Kelas VII B MTs Yaspi Pakis Tahun Pelajaran 2018/2019

PUJIANTI, RANI DWI (2019) UpayaPeningkatan Prestasi BacaTulisAl-Qur’an Melalui Metode Peer Lesson pada Siswa Kelas VII B MTs Yaspi Pakis Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
jadi Desi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sekripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi Baca Tulis Al-Qur’an. Hal ini dikarenakan guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dan peserta didik kurang memperhatikan dan menyebabkan peserta didik cepat bosan. Untuk itu guru perlu melakukan pembelajaran aktif dengan menggunakan metode pembelajaran Peer Lesson. Hal ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, upaya peningkatkan prestasi Baca Tulis Al-Qur’an dengan metode peer lesson pada kelas VII Madrasah Tsanawiyah Pakis Tahun 2018/2019. Metode penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Prosedur penelitian berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap meliputi : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan replikasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik pengumpulan data ini menggunakan instruman berupa lembar observasi siswa dan guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui kualitas hasil belajar siswa digunakan lembar evaluasi/tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode peer lessondapat meningkatkan prestasi peserta didik pada mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an di kelas VII MTs Yaspi Pakis Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 33 peserta didik dengan nilai rata-rata KKM 70. pra siklus nilai rata-rata 63,03%, 14 peserta didik atau 42,42% yang tuntas, sedangkan 19 peserta didik atau 57,57% yang tidak tuntas, siklus I nilai rata-rata 69,09%, 21 peserta didik atau 63,63% yang tuntas sedangkan 12 peserta didik atau 36,36% yang tidak tuntas, dari pra siklus ke siklus I mengalami peningkatan ketuntasan peserta didik yaitu meningkat 7 peserta didik atau 21,21%. Siklus II nilai rata-rata 77,57%, 30 peserta didik atau 90,90% yang tuntas sedangkan 3 peserta didik atau 9,09% yang belum tuntas, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan ketuntasan peserta didik yaitu meningkat 9 peserta didik atau 27,27%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2019 08:44
Last Modified: 16 Apr 2019 08:44
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5464

Actions (login required)

View Item View Item