IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KONSERVASI LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH ADIWIYATA SMP N 7 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ENDRAYANI, DWITA (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KONSERVASI LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH ADIWIYATA SMP N 7 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LENGKAP PDF.pdf

Download (3MB)

Abstract

Endrayani, Dwita. 2019. Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Konservasi Lingkungan Hidup di Sekolah Adiwiyata SMP Negeri 7 Salatiga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M.Si. Kata Kunci: Implementasi Pendidikan Agama Islam, Konservasi Lingkungan Hidup, Sekolah Adiwiyata Peneliti membahas mengenai implementasi Pendidika Agama Islam berbasis konservasi lingkungan hidup. Dalam hal ini adalah mengenai upaya penyelamatan kerusakan lingkungan hidup melalui pendidikan. Pendidikan berkaitan dengan fungsi intelektualnya melalui proses pendidikan sedangkan agama Islam berkaitan dengan fungsi kesadaran etis. Berdasarkan konteks ini, agama Islam merupakan sumber inspirasi moralitas dan spiritualitas menjadi sebuah kebutuhan peradaban kontemporer. Salah satu upaya untuk mengatasi krisis lingkungan yakni melalui Pendidikan Agama Islam berbasis lingkungan hidup. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi Pendidikan Agama Islam berbasasis konservasi lingkungan hidup dan faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam implementasi Pendidikan Agama Islam berbasis konservasi lingkungan hidup di sekolah adiwiyata SMP Negeri 7 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah adalah termasuk jenis penelitian penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru dan siswa, dan sumber sekunder yaitu guru mata pelajaran selain PAI, petugas kebersihan dan dokumen-dokumen penunjang seperti RPP, profil sekolah, foto-foto kegiatan dan sebagainya. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis pada penelitian ini ada tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunujukkan bahwa pertama, implementasi Pendidikan Agama Islam berbasis konservasi lingkungan hidup melalui integrai kurikulum dan kegiatan belajar mengajar baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Pendidikan Agama Islam berbasis konservasi lingkungan hidup dapat membentuk karakter peduli terhadap lingkungan juga dapat diimplementasikan melalui metode keteladanan (uswatun khasanah), latihan, pembiasaan dan praktik. Faktor-faktornya terdiri dua, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor pendukungnya adalah berasal dari sekolah itu sendiri seperti fasilitas dari sekolah yang memadai, adanya kerjasama dari pihak guru dan peserta didik, adanya dukungan dari pihak sekolah serta adanya kegiatan langsung. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran warga sekolah untuk peduli lingkungan dan pihak guru mengalami kesulitan dalam proses pengintegrasian Pendidikan Agama Islam dan pendidikan lingkungan hidup.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2019 14:10
Last Modified: 16 Apr 2019 14:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5502

Actions (login required)

View Item View Item