PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI MUNAKAHAT MENGGUNAKAN METODE KONTEKSTUAL HANDS ON ACTIVITY PADA SISWA KELAS XI MA GUPPI WINDUSARI TAHUN AJARAN 2018/2019

Faizah, Riza Nurul (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI MUNAKAHAT MENGGUNAKAN METODE KONTEKSTUAL HANDS ON ACTIVITY PADA SISWA KELAS XI MA GUPPI WINDUSARI TAHUN AJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FIKS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Faizah, Riza Nurul. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Munakahat Menggunakan Metode Kontekstual Hands On Activity Pada Siswa Kelas XI MA GUPPI Windusari Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi.Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI).Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK).Institut Agama Islam Negeri(IAIN).Pembimbing:Dr.Fatchurrohman, M.Pd” Kata Kunci: Metode Kontekstual,Hands On Activity,Hasil Belajar. Materi Munakahat dirasa kurang menarik bagi siswa, dikarenakan siswa dituntut menghafal dan memahami semua materi yang ada, serta guru yang hanya sekedar berceramah dan monoton sehingga cenderung membosankan bagi siswa, tidak banyak melibatkan peserta didik dalam proses pembelajaran. Hal tersebut terlihgatdari kurangnya motivasi belajar dan keingintahuan siswa untuk memahami masalah yang berkaitan dengan Munakahat, sehingga mayoritas siswa mengalami kesulitan belajar Munakahat. Hasil observasi awal ditemukan bahwa siswa kelas XI MA GUPPI Windusari belum mampu mencapai kriteria ketuntasan kelas yaitu KKM 70. Hasil data penerapan model pembelajaran Hands On Activity menunjukan peningkatan, metode ini dapat membantu siswa untuk memahami materi yang diperoleh, serta mudah diterapkan sehingga meningkatkan aktivitas belajar, proses pembelajaran lebih menarik dan bermakna. Tujuain dari penelitian inio adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Hands On Activity dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Fiqih munakahat dengan penerapan model pembelajaran Hands On Activity pada siswa kelas XI MA GUPPI Windusari. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, observasi, mengamati dan evaluasi serta refleksi. Masing-masing siklus terdiri dari 4 kali pertemuan. Hasil nilai diperoleh melalui tes yang diberikan pada tiap akhir siklus. Indikator dalam penelitian ini adanya peningkatan motivasi belajar siswa pada setiap siklus, sedangkan hasil belajar siswa dikatakan mengalami peningkatan secara klasikan apabila siswa memperoleh skor minimal 70 dengan ketuntasan 85% dari jumlah siswa yang mengikuti tes evaluasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari hasil analisis data diperoleh pada siklus I hanya sebanyak 7 orang atau 22% dengan rata-rata 68,62%. Siklus II semua siswa mengalami ketuntasan dan peningkatan nilai 100% dengan rata-rata 76,26% dengan kategori baik.Berdasarkan data tersebut dapat diketahui bahwa pelaksanaan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran Hands On Activity meningkatkan hasil belajar siswa sebab melatih siswa untuk lebih banyak bertindak. Karena siswa dituntut untuk selalu mempraktikan kejadian dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2019 14:43
Last Modified: 16 Apr 2019 14:43
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5508

Actions (login required)

View Item View Item