PROFIL SEKOLAH UNGGUL (STUDI DESKRIPSTIF SDIT DI SDIT CAHAYA INSANI TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019)

Fauziyah, Haniah (2019) PROFIL SEKOLAH UNGGUL (STUDI DESKRIPSTIF SDIT DI SDIT CAHAYA INSANI TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Haniah Fauziyah_ 23040150152.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil sekolah unggul (Studi Deskriptif di SD IT cahaya Insani Temanggung). Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah profil sekolah unggul (Studi Deskriptif di SD IT cahaya Insani Temanggung) Tahun Ajaran 2018/2019. Sekarang ini banyak sekolah swasta dengan biaya yang tinggi, namun banyak peminatnya. Sekolah unggul dapat menfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan potensinya secara optimal. Memfasilitasi dari segi pendidik dan tenaga kependidikan mauapun dari sarana prasarana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode wawancara,observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi reduksi data, pemaparan data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggukan ketekunan peneliti dan trianggulasi. Berdasarkan hasil paparan data dan analisis data, Profil sekolah unggul di SDIT Cahaya Insani Temanggung dapat disimpulkan : (1) Lulusan dengan sikap mencerminkan perilaku beriman dan bertaqwa kepas Tuhan YME, berkarakter unggul, dan berwawasan luas.; (2) Kurikulum yang digunakan disesuaikan dengan perkembangan zaman yakni K13 dan JSIT, pengembanagan diri dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler yang sangat variatif dan penguatan keislaman dilaksanakan melalui Bina Pribadi Islam (BPI).; (3) Pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan metode yang variatif dan suasana belajar yang selalu berganti-ganti.(4) Penilaian yang paling menonjol menerapkan penilaian kinerja/praktikum dimana penilaian tersebut melibatkan seluruh warga sekolah.; (5) Setiap pendidik dan tenaga kependidikan menjalankan pekerjaan yang menjadi tugasnya saja sehingga setiap peran dijalankan secara optimal.; (6) Sarana dan prasarana yang dimiliki sudah mencukupi kebutuhan peserta didik, dengan bangunan yang kokoh, lingkungan sekolah yang aman dan nyaman, ruang kelas yang memadai, serta fasilitas yang cukup untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah.; (7) Pengelolaan yang diterapkan untuk mengelola peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan dengan dukungan pengembangan diri, meliputi ekstrakurikuler untuk peserta didik dan pelatihan kompentensi guru, setoran hafalan, ruqyah, sampai melanjutkan studi untuk pendidik dan kependidikan.; (8) Pembiayaan diperoleh dari infaq, dan perincian dana dijelaskan secara transparan kepada semua pihak yang bersnagkutan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2019 08:16
Last Modified: 16 Apr 2019 08:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5516

Actions (login required)

View Item View Item