Peningkatan Kompetensi Berhitung Cepat Materi Penjumlahan dan Pengurangan untuk Mata Pelajaran Matematika melalui Metode Jarimatika pada Siswa Kelas II MI Tarbiyatul Ulum Desa Jembrak, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2013/2014

Widyastuti, Unik (2015) Peningkatan Kompetensi Berhitung Cepat Materi Penjumlahan dan Pengurangan untuk Mata Pelajaran Matematika melalui Metode Jarimatika pada Siswa Kelas II MI Tarbiyatul Ulum Desa Jembrak, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2013/2014. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Unik Widyastuti_11509014.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi berhitung cepat dalam mata pelajaran Matematika materi penjumlahan dan pengurangan siswa kelas II, MI Tarbiyatul Ulum. Salah satu penyebab rendahnya kompetensi berhitung cepat adalah pemahaman siswa tentang isi dan maksud yang terkait dengan penjumlahan dan pengurangan masih relatif lemah. Masalah utama yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah apakah metode jarimatika dapat meningkatakan kompetensi berhitung cepat penjumlahan dan pengurangan mata mata pelajaran matematika kelas II Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Ulum Jembrak Kec. Pabelan, Kab. Semarang Tahun 2013/2014? Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas II MI Tarbiyatul Ulum Jembrak Kec. Pabelan, Kab. Semarang yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Penelitian dilakukan pada semester satu pada tahun 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode jarimatika. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kompetensi berhitung cepat materi penjumlahan dan pengurangan mata pelajaran matematika kelas II MI Tarbiyatul Ulum. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini diambil dengan pedoman atau lembar pengamatan, soal tes/ evaluasi soal, pedoman dokumentasi, pedoman wawancara dan dan angket umpan balik pada pembelajaran matematika menggunakan metode jarimatika. Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan diperoleh bahwa dengan metode jarimatika dapat meningkatkan kompetensi berhitung cepat kelas II MI Tarbiyatul Ulum Jembrak, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang. Hasil tes siswa pada siklus I sebesar 50%, siklus II 60% dan siklus III sebesar 90%. Yang dibuktikan dengan adanya peningkatan kemampuan siswa dari sesudah penerapan metode jarimatika yaitu siklus I sebanyak 10 siswa, siklus II sebesar 12 siswa dan siklus III sebesar 18 siswa yang memenuhi KKM dengan nilai (70).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2016 07:10
Last Modified: 24 Feb 2016 07:10
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item