Pendidikan Humanisme Dalam Membangun Nilai-Nilai Kemanusiaan Religius Perspektif K.H Mahfud Ridwan Dan Y.B Mangunwijaya

Syukuri, Ahmad (2019) Pendidikan Humanisme Dalam Membangun Nilai-Nilai Kemanusiaan Religius Perspektif K.H Mahfud Ridwan Dan Y.B Mangunwijaya. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Paling Fiks.pdf

Download (681kB)

Abstract

ABSTRAK Syukuri, Ahmad. 2018. “Pendidikan Humanisme dalam Membangun Nilai-Nilai Kemanusiaan Religius Perspektif K.H Mahfud Ridwan dan Y.B Mangunwijaya”. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing Dr. H. Miftahuddin, M. Ag. Kata Kunci: Pendidikan Humanisme Religius, K.H Mahfud Ridwan, dan Y.B Mangunwijaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja gagasan-gagasan K.H Mahfud Ridwan dan Y.B Mangunwijaya mengenai pendidikan humanisme dalam membangun nilai-nilai kemanusiaan religius. dan bagaimana implementasi gagasan humanisme dalam membangun nilai-nilai kemanusiaan religius K.H. Mahfud Ridwan dan Y.B. Mangunwijaya. Penelitian ini merupakan Penelitian kualitatif, metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah yaitu: Mengorganisasikan data, membuat kategori data, mereduksi data, menyajikan fokus data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian sebagai berikut: (1). Gagasan K.H Mahfud Ridwan dan Y.B Mangunwijaya mengenai pendidikan humanisme dalam membangun nilai-nilai kemanusiaan religius yaitu sama-sama berpandangan bahwa agama hadir sebagai dasar untuk membentuk kepribadian manusia dalam bertindak, berkeyakinan, dan bersosial, dengan moral yang baik serta rasa nasionalisme yang tinggi. Pandangan K.H Mahfud Ridwan dalam kehidupan bermasyarakat dapat dilihat dari prinsip dan laku kesehariannya yaitu, sebaik-baik manusia ialah yang bermanfaat bagi orang lain. Sedangkan Y.B Mangunwijaya Berpandangan bahwa hidup itu tidak cukup melakukan pengabdian pada Tuhan saja, akan tetapi peduli dengan kemanusiaan dan keseimbangan alam. Hal ini sesuai dengan prinsip dan laku kesehariannya yaitu Tri Bina, bina manusia, bina usaha dan bina lingkungan. (2). Implementasi pendidikan humanisme religius K.H Mahfud Ridwan dan Y.B Mangunwijaya yaitu, sama-sama sebagai tokoh agama yang mendampingi masyarakat secara nasionalis, pluralis, humanis dan religius, dengan sungguh-sungguh. Hidupnya banyak bersentuhan denngan masyarakat bawah, khususnya bagi mereka yang lemah, mengentaskan orang-orang yang hidup di bawah. Memberi pelayanan pendampingan dan memang tulus berdasarkan hati nuraninya, dengan tanpa mengaharap imbalan kepada pihak yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2019 23:28
Last Modified: 16 Apr 2019 23:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5532

Actions (login required)

View Item View Item