Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Memahami Isi Dongeng Menggunakan Metode Story Telling dengan Media Hand Puppet Siswa Kelas 2, MI Islamiyah Kauman Kidul, Sidorejo, Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019)

Prabowo, Gustian rauf (2019) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Memahami Isi Dongeng Menggunakan Metode Story Telling dengan Media Hand Puppet Siswa Kelas 2, MI Islamiyah Kauman Kidul, Sidorejo, Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Gustian Rauf Prabowo.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Prabowo, Gustian Rauf. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Memahami Isi Dongeng Menggunakan Metode Story Telling dengan Media Hand Puppet Siswa Kelas 2, MI Islamiyah Kauman Kidul, Sidorejo, Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019). Skripsi Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sutrisna, S.Ag., M.Pd. Kata kunci : Hasil Belajar, Bahasa Indonesia dan Metode Story Telling Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi memahami isi dongeng dengan menggunakan metode Story Telling dengan Media Hand Puppet Siswa Kelas 2, MI Islamiyah Kauman Kidul, Sidorejo, Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2018/2019). Subyek penelitian sebanyak 30 Siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 18 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan pada1-18 Februari 2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini yaitu dengan membandingkan pencapaian nilai dengan KKM dan ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal pada setiap siklusnya. Hasil penelitian pada Prasiklus, siklus I dan siklus II diperoleh data sebagai berikut: KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia adalah 70, sebelum menggunakan metode story telling dengan media hand puppet, hanya ada 23,33% (7 Siswa) yang tuntas, sedangkan 76,66% (23 Siswa) belum tuntas. Setelah penggunaan metode story telling dan media hand puppet pada siklus I diperoleh data 53,33% (16 Siswa) tuntas dan 46,66% (14 Siswa) belum tuntas, sehingga terjadi peningkatan sebesar 30% dibandingkan pada prasiklus ke siklus I. Setelah dilakukan refleksi pada siklus I, terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus II yaitu sebesar 90% (27 Siswa) tuntas dan 10% (3 siswa) belum tuntas. Dengan demikian terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar 37 % dari siklus I ke siklus II . Banyaknya Siswa yang memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 70 (Kriteria Ketuntasan Minimal) sudah melebihi dari 85%, dengan demikian sudah memenuhi Kriteria Ketuntasan Klasikal sebesar 85% dengan KKM 70.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Apr 2019 11:38
Last Modified: 18 Apr 2019 04:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5536

Actions (login required)

View Item View Item