PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN MELALUI STRATEGI INKUIRI DAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF GEDANGAN, KEC. TUNTANG, KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dewi, Mafuroh (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI JENIS-JENIS PEKERJAAN MELALUI STRATEGI INKUIRI DAN MEDIA DIORAMA PADA SISWA KELAS III MI MA’ARIF GEDANGAN, KEC. TUNTANG, KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DEDEW.pdf

Download (30MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa hasil belajar siswa kelas III MI Ma’arif Gedangan dalam pembelajaran IPS materi Jenis-jenis pekerjaan masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh siswa yang belum mencapai KKM pada hasil belajar pra siklus yaitu 70,6% atau 24 siswa dari 34 siswa. Permasalahan dalam pembelajaran IPS yang disampaikan secara monoton serta guru kurang memiliki keterampilan menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, menjadikan siswa pasif dalam proses pembelajaran dan siswa cenderung bosan karena tidak adanya media, sehingga hasil belajar yang didapatkan belum mencapai KKM Peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan pra-siklus, siklus 1 dan siklus II. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari Planning, untuk mengindentifikasi masalah dan merencanakan kegiatan pembelajaran, dan membuat instrument penelitian lainnya. Acting, melaksanakan pembelajaran pada mata pelajaran IPS. Observing, pengambilan data tentang hasil melalui tes dan lembar pengamatan. Reflecting, menganalisis data hasil pengamatan. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa Kelas III MI Ma’arif Gedangan yang berjumlah 34 Siswa, terdiri dari 20 siswa dan 14 siswi. Penelitian ini menggunakan penerapan strategi inkuiri pada saat pembelajaran IPS. Penelitian ini mengalami peningkatan hasil belajar. Hal ini dibuktikan dari hasil Pra siklus siswa yang tuntas adalah 10 siswa (29,4%) dan yang tidak tuntas adalah 24 (70,6%). Adapun dalam siklus I siswa yang tuntas sebanyak 17 (50%) siswa dan yang belum tuntas sebanyak 17 (50%) siswa. Siklus II siswa yang tuntas adalah 30 (88,3%) siswa dan yang belum tuntas 4 (11,7%) siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Apr 2019 01:27
Last Modified: 26 Apr 2019 07:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5560

Actions (login required)

View Item View Item