AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN MODUL DALAM KEGIATAN ORGANISASI ROHIS DI SMAN 1 PARAKAN DAN SMK SWADAYA TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Erliyana, Rika (2019) AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA MELALUI PEMBELAJARAN MODUL DALAM KEGIATAN ORGANISASI ROHIS DI SMAN 1 PARAKAN DAN SMK SWADAYA TEMANGGUNG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS LENGKAP RIKA ERLIYANA PASCASARJANA UIN SALATIGA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memaparkan hasil penerapan dan efektivitas modul dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam Organisasi Rohis di SMAN 1 Parakan dan SMK Swadaya Temanggung. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menciptakan modul serta mengetahui efektivitasnya. Hasil aktualisasi nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran modul pada siswa anggota Rohis di SMAN 1 Parakan dan SMK Swadaya terlihat dari observasi perubahan sikap dan juga wawancara pada siswa anggota Rohis antara lain: semakin bertambahnya kesadaran mereka terhadap pentingnya nilai ketuhanan, memperdalam pemahaman mereka mengenai pentingnya sikap tasamuh, lebih mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi dan golongan, terciptanya musyawarah yang adil dan bebas berpendapat, serta bertambahnya kesadaran mereka akan pentingnya menerapkan perilaku hidup sederhana. Sedangkan analisa data kuantitatif menunjukan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dalam Organisasi Rohis. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan analisa data keseluruhan validator diperoleh skor 3,93 dengan kategori “Baik”. Skor respon pembina terhadap modul sebesar 82% dengan kategori “sangat tinggi”. Observasi peningkatan kemampuan pembina pada ujicoba skala kecil 86,33% dan uji coba skala besar 90% yang berada pada kategori “sangat tinggi”. Peningkatan kemampuan siswa dalam memahami materi dalam modul 89% pada uji coba skala kecil dan 81% pada uji coba skala besar dengan kategori “sangat tinggi”. Selanjutnya hasil pretest dan posttest yang dianalisa menggunakan nilai gain ternormalisasi (N-gain) pada uji coba skala kecil berada pada gain standar 0.71 dan dalam uji coba skala besar 0.76 dengan interpretasi “tinggi”. Dengan demikian penggunaan Modul dianggap efektiv sebagai media atau alat bantu untuk meningkatkan kemampuan siswa mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam Organisasi Rohis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2019 09:30
Last Modified: 03 May 2019 09:30
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5591

Actions (login required)

View Item View Item