Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Alat Peraga Jam Sudut Pada Siswa Kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019.

Saputri, Julia Nindhi (2019) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pengukuran Sudut Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Dengan Alat Peraga Jam Sudut Pada Siswa Kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode demonstrasi dengan alat peraga jam sudut dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi pengukuran sudut pada siswa kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2018/2019. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran matematika dan siswa kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang yang terdiri dari 18 siswa yaitu 10 laki-laki dan 8 perempuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masing-masing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu ? 75 (sesuai dengan KKM yang diberlakukan di MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang) sekaligus ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dengan alat peraga jam sudut dapat meningkatkan hasil belajar matematika pengukuran sudut pada siswa kelas IV MI Tarbiyatul Aulad Jombor Kecamatan Tuntang Kabupaten SemarangTahun Pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil pra siklus sebelum menerapkan metode demonstrasi dengan alat peraga jam sudut hanya 38,89% atau 7 siswa yang tuntas, sedangkan masih terdapat 61,11% atau 11 siswa yang belum memenuhi KKM. Pada siklus I naik 27,78% menjadi 66,67% atau 12 siswa yang tuntas dan ada 33,33% atau 6 siswa yang belum tuntas dari KKM. Kemudian pada siklus II naik 33,33% menjadi 100% atau 18 siswa yang tuntas belajarnya. Oleh karena itu, siklus pada Penelitian Tindakan Kelas ini dihentikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 May 2019 09:36
Last Modified: 03 May 2019 09:36
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5592

Actions (login required)

View Item View Item