PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF TIRTO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Latifah, Nurul (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SUMBER ENERGI MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN PADA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF TIRTO KECAMATAN GRABAG KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NURUL LATIFAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar IPA di MI Ma’arif Tirto Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang masih rendah terbukti dengan hasil belajar siswa yang belum mencapai KKM 65. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang masih konvensional. Guru cenderung memberikan materi yang ada pada buku pedoman, menyampaikan lembar demi lembar pada siswa. Dengan kata lain, siswa kurang tertarik terhadap pelajaran sehingga materi yang disampaikan oleh guru mudah terlupakan. Pendalaman konsep berkurang, dan siswa tidak mendapatkan kesempatan untuk menggali yang ingin atau harus siswa ketahui. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Apakah Model Kooperatif Tipe Kartu Arisan dapat meningkatkan Hasil Belajar IPA materi Sumber Energi pada siswa Kelas IV MI Ma’arif Tirto Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun 2019?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui model kooperatif tipe kartu arisan dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi Sumber Energi pada siswa Kelas IV MI Ma’arif Tirto Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Tirto Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang yang berjumlah 32 siswa meliputi 14 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi dan soal tes. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ? 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kooperatif tipe kartu arisan dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sumber energi pada siswa kelas IV MI Ma’arif Tirto Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang tahun 2019. Peningkatan siswa yang tuntas belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 15%, Siklus I ke Siklus II 19% dan Siklus II ke Siklus III 13%. Hal ini dapat dilihat dari perolehan ketuntasan hasil belajar siswa pada Pra Siklus 41% siswa tuntas belajar, Siklus I 56% tuntas belajar, Siklus II 75% siswa tuntas belajar, dan siklus III 88% siswa tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 May 2019 11:16
Last Modified: 07 May 2019 11:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/5612

Actions (login required)

View Item View Item