PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN, PENGETAHUAN DAN PERSEPSI TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN UNTUK MEMILIH JASA PERBANKKAN SYARI’AH DI KOTA SALATIGA TAHUN 2019

MAHMUD, JAWADUL KARIM AL (2019) PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN, PENGETAHUAN DAN PERSEPSI TERHADAP PREFERENSI KONSUMEN UNTUK MEMILIH JASA PERBANKKAN SYARI’AH DI KOTA SALATIGA TAHUN 2019. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Full.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk menjelaskan dan menganalisis pengaruh lingkungan budaya muslim Indonesia berpengaruh terhadap preferensi konsumen untuk memilih jasa perbankkan syari’ah. 2). Untuk menjelaskan dan menganalisis tingkat pendidikan dan pengetahuan tentang konsep bank syari’ah berpengaruh terhadap preferensi konsumen untuk memilih jasa perbankkan syari’ah. 3). Untuk menjelaskan dan menganalisis presepsi konsumen terhadap bank syari’ah berpengaruh terhadap preferensi konsumen untuk memilih jasa perbankkan syari’ah.. Metode penelitian ini menggunakan beberapa teknik pengumpulan data, yaitu angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan besarnya sampel adalah 96 orang nasabah dengan pembagian 32 Nasabah dari BSM, 32 Nasabah Bank Muamalat dan 32 Nasabah dari Syariah BTPN yang semuanya berdomisili di Kota Salatiga. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pengaruh Faktor Lingkungan (X1), terhadap Preferensi Konsumen Memilih Jasa Perbankan Syari’ah (Y) di Bank Syari’ah Kota Salatiga terlihat signifikan. Pengaruh Faktor Pengetahuan (X2) terhadap Preferensi Konsumen Memilih Jasa Perbankan Syari’ah (Y) di Bank Syari’ah Kota Salatiga terlihat signifikan. Pengaruh Persepsi (X3) terhadap Preferensi Konsumen Memilih Jasa Perbankan Syari’ah (Y) di Bank Syari’ah Kota Salatiga juga terlihat signifikan. Pengaruh Faktor Lingkungan (X1), Faktor Pengetahuan (X2) dan Persepsi (X3) terhadap Preferensi Konsumen Memilih Jasa Perbankan Syari’ah (Y) Di Bank Syari’ah Kota Salatiga memperoleh hasil pengujian nilai F hitung sebesar 45,587 sedang nilai F tabel adalah sebesar 2,70. Implikasinya terdapat Pengaruh antara Faktor Lingkungan, Faktor Pengetahuan, Persepsi masyarakat secara bersama-sama dan signifikan terhadap Preferensi Konsumen Memilih Jasa Perbankan Syari’ah. Artinya semakin baik dan meningkat antara Faktor Lingkungan, Faktor Pengetahuan dan Persepsi secara bersama-sama akan berpengaruh terhadap Preferensi Konsumen Memilih Jasa Perbankan Syari’ah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 May 2019 13:12
Last Modified: 07 May 2019 13:12
URI: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/5613

Actions (login required)

View Item View Item